Sony boleh dibilang agak terlambat dan kurang agresif masuk ke pasar tablet. Bahkan sampai saat ini hanya ada dua model tablet Android keluaran Sony yang beredar di pasaran. Tapi rupanya mereka tetap semangat dan membungkus banyak inovasi di dalam tablet terbarunya berikut ini.

Sony Xperia Tablet S merupakan tablet Sony pertama yang mengusung nama Xperia. Meskipun namanya baru, konsep desainnya tetap mengikuti acuan desain tablet sebelumnya. Xperia Tablet S hadir dengan desain ala majalah yang cantik dan ergonomis. Perbedaannya, tablet baru ini menggunakan bahan logam yang lebih mewah dan lebih kokoh. Spesifikasi layar juga mirip dengan tablet seri S sebelumnya, yaitu layar IPS 9,4 inci dengan resolusi 1280×800 pixel. Xperia Tablet S ini juga memiliki kamera 8-megapixel sebagai kamera utama di bagian belakang, serta dipadukan dengan kamera depan 1-megapixel. Konektivitas juga mendapat perhatian khusus dengan adanya port USB, HDMI dan slot SD card.

Untuk menambah minat konsumen, Sony menambahkan fitur tahan air serta meningkatkan performa tablet ini dengan membenamkan prosesor Nvidia Tegra 3 dan Android versi 4.0. Sony menjanjikan akan ketersediaan update ke versi 4.1 atau Jelly Bean secepatnya.

Inovasi yang ditawarkan tidak hanya sebatas kinerja cepat saja. Sony Xperia Tablet S dilengkapi dengan infrared, yang menyulapnya menjadi remote control universal berukuran ekstra besar. Dari sisi software, ada beberapa inovasi menarik. Contohnya “Guest Mode”. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur aplikasi dan setting yang dapat diakses. Jadi tidak ada lagi cerita anak Anda menghabiskan limit kartu kredit karena tidak sengaja mengklik “Buy” di Google Play. Fitur menarik lainnya adalah Small Apps. Widget pop-up ini dapat memunculkan beberapa aplikasi yang berguna seperti kalkulator atau catatan di atas aplikasi lain. Cara kerjanya mungkin mirip seperti Popup Play yang ada di Samsung GALAXY SIII dan Note II. Juga ada aplikasi untuk mengakses berbagai layanan khas Sony seperti Reader dan PlayMemories.

Sony Xperia Tablet S akan dijual mulai dari harga US$399 (16GB) sampai US$599 untuk versi 64GB, mulai tanggal 7 September 2012. Sayangnya belum dijelaskan apakah Indonesia termasuk atau tidak. Sony juga telah menyediakan berbagai aksesoris menarik seperti keyboard cover yang mirip dengan Microsoft Surface (US$100), stand keren dengan port HDMI dan USB (US$100), cradle untuk mengisi baterai (US$40), stand biasa (US$29), speaker dock (US$130) serta case kulit (US$80).