Apakah Anda termasuk penggemar Sony Alpha NEX dan pernah berharap agar hasil foto di kartu memori Anda bisa langsung diunggah ke Facebook? Kini impian Anda tersebut menjadi kenyataan, lewat Sony Alpha NEX-5R. Pertama kalinya muncul di pasar fotografi dunia sebagai NEX-5 dan diteruskan dengan NEX-5N, kini hadir generasi ketiganya yaitu Sony Alpha NEX-5R.

Keunikan NEX-5R terletak pada teknologi Fast Hybrid AF yang menggunakan 99 titik AF di sensor gambar untuk mendeteksi jarak subyek dan dengan cepat mengunci fokusnya. NEX-5R merupakan kamera pertama Sony yang menggunakan teknologi tersebut. Dengan sistem AF baru ini, NEX-5R dapat merekam sampai 10 foto per detik dengan lebih akurat.

Keunggulan lain dibandingkan seri NEX sebelumnya terletak pada konektivitas. NEX-5R telah dilengkapi Wi-Fi untuk memudahkan transfer foto dan video ke smartphone atau tablet yang menjalankan aplikasi PlayMemories Mobile (tersedia versi Android dan iOS secara gratis).

Untuk fitur fotografi lainnya, Anda akan menemukan sensor CMOS APS-C 16 megapixel, prosesor BIONZ, layar 3 inci (920K dots) yang dapat dinaikkan 180? dan diturunkan 50? seperti NEX-F3, fungsi perekaman video Full-HD, serta koneksi Mini HDMI dan USB 2.0. Untuk ukuran dan bobot, NEX-5R termasuk mungil dan ringan dengan bobot 276 gram termasuk baterai dan dimensi 111 x 59 x 39 mm.

Sony Alpha NEX-5R tersedia dalam warna White, Black dan Silver. MSRP dengan lensa kit 18-55mm adalah USD 750 dan opsi body only dibanderol USD 650.

Berikut ini adalah ringkasan sejumlah fitur baru pada NEX-5R:

# Sensor CMOS 16 megapixel berukuran APS-C.
# Tingkatan ISO tertinggi hingga ISO 25.600 (resolusi penuh).
# Bidikan kontinyu hingga secepat 10 fps (resolusi penuh)
# Hybrid AF, sistem autofokus penggabungan Phase Detection dengan Contrast Detection. Menjanjikan akurasi & kecepatan fokus.
# Perekaman video AVCHD 2.0 60p/24p.
# Koneksi Wi-Fi untuk saling bertukar hasil foto dengan smartphone atau tablet lain lewat aplikasi PlayMemories yang tersedia gratis bagi Android maupun iOS. Fungsi ini juga bisa mengunggah hasil foto dari kamera Anda secara langsung ke Facebook.
# Koneksi Wi-Fi tersebut dapat juga digunakan untuk mengunduh sejumlah aplikasi demi menambah fungsi-fungsi kamera secara spesifik. Yang sudah tersedia misalnya Direct Upload, Picture Effect +, Bracket Pro, Multi Frame NR, Photo Retouch dan Smart Remote Control. Kedepannya, akan tersedia aplikasi lain semisal Time Lapse dan Cinematic Photo.
# Layar LCD fleksibel hingga 180 derajat vertikal, menghadap searah lensa.
# Multi-interface Smart Accessory Shoe sebagai soket ekspansi Sony Alpha NEX-5R bersama sejumlah aksesori pendukung lainnya.
# Pengguna dapat memilih 11 jenis Picture Effects, Sweep Panorama 2D & 3D, Anti-Motion Blur, Auto HDR, Auto Portrait Framing dan masih banyak lagi fungsi kreatif lainnya.
# Penambahan Control Dial baru di bagian atas kamera, berguna untuk memudahkan kendali berbagai parameter kamera.
# Peaking Mode untuk memudahkan pemotretan dengan lensa fokus manual.