Samsung GALAXY Note II Resmi Diluncurkan di IFA 2012

Keunikan Samsung GALAXY Note terletak pada pena stylusnya yang mengingatkan kita pada smartphone layar sentuh beberapa tahun silam. Walaupun sempat membingungkan para konsumen dengan konsepnya yang agak tanggung, ternyata Samsung GALAXY Note laris manis di pasaran. Rupanya cukup banyak konsumen yang malas membawa smartphone dan tablet sekaligus, sehingga ukuran layar tanggung GALAXY Note menjadi salah satu faktor penglarisnya.

Setelah beredar selama hampir satu tahun, GALAXY Note kini akan segera digantikan dengan GALAXY Note II (N7100). Dari segi fisik, layarnya sedikit lebih besar dengan ukuran 5,5 inci (layar Note berukuran 5,3 inci), tapi dengan resolusi 1280×720 pixel atau sedikit di bawah resolusi layar Note yang sudah 1280×800 pixel (276ppi vs 285ppi). Spesifikasi layar sendiri juga identik dengan Note versi pertama, yaitu dengan panel Super AMOLED HD. Untuk bodi, GALAXY Note II tampil sedikit lebih langsing dengan ketebalan 9,4mm (Note 9,65mm) dan bobot 180 gram. Desainnya juga terlihat mengambil acuan dari Samsung GALAXY SIII. Pilihan warna yang diberikan juga cukup mirip, yaitu Marble White dan Titanium Gray. Samsung rupanya tetap memilih mempertahankan desain dengan tutup baterai yang bisa dilepas, bukan desain unibody seperti beberapa vendor lain. Sama seperti di GALAXY SIII, GALAXY Note II N7100 juga mendukung microSD sampai ukuran 32GB.

Kinerja tentunya menjadi prioritas, dengan dibenamkannya prosesor Exynos 1,6GHz quad-core, GPU Mali 400 dan RAM 2GB. Samsung GALAXY Note II juga merupakan salah satu smartphone pertama Samsung yang dilengkapi sistem operasi Android 4.1 atau Jelly Bean. Kualitas kamera tetap dipertahankan, dengan kamera depan 1,9 megapixel dan kamera belakang 8 megapixel disertai flash LED. Ada dua fitur menarik dari fungsi kamera Note II. Best Faces dapat memilih wajah-wajah terbaik dari beberapa foto menjadi satu foto baru yang memuat ekspresi paling oke dari orang yang ada di dalamnya. Fitur menarik lainnya adalah Photo Note. Dengan fitur ini, kita bisa menulisi bagian belakang fotonya. Semoga saja foto yang ditulisi bisa dibuka di perangkat lain.

Bagi penggemar stylus GALAXY Note, Samsung memiliki kejutan yang menggembirakan. GALAXY Note II telah dilengkapi stylus S-Pen yang lebih panjang dan lebih tebal. Desain baru ini menjadi S-Pen lebih ergonomis dan nyaman digunakan, setidaknya di atas kertas. Tidak hanya itu, Samsung juga memasukkan berbagai fitur canggih yang berhubungan dengan pena barunya ini.

Ada fitur “Air View” yang memungkinkan pengguna untuk mengintip konten seperti video, gambar, email dan sebagainya, hanya dengan melayangkan S Pen di atasnya (sekitar 10mm). Jadi tidak sampai menyentuhkannya. Juga ada Popup Note, yang dapat memunculkan catatan S Note di atas aplikasi lain, misalnya Anda butuh mencatat saat sedang menelpon dan sebagainya. Terdapat Quick Command untuk meluncurkan aplikasi yang sering digunakan menggunakan S Pen, dan ada Screen Recorder yang dapat merekam deretan aksi yang dilakukan di ponsel. Fitur terakhir ini berguna untuk, misalnya, mengajari orang lain menggunakan sebuah aplikasi atau memperlihatkan kemahiran Anda menggambar.

Peningkatan signifikan lainnya terjadi di bagian belakang. Kapasitas baterai Samsung GALAXY Note II meningkat drastis menjadi 3100 mAh atau lebih besar sekitar 25% dibanding GALAXY Note. Ini merupakan aspek penting bagi sebuah smartphone yang rata-rata rakus memakan daya. Dengan berbagai peningkatannya, Samsung GALAXY Note II tampaknya akan menjadi pilihan menggiurkan bagi pengguna GALAXY Note dan konsumen yang menginginkan smartphone dengan layar berukuran ekstra. Tapi pertanyaannya, berapa harganya?

Belum ada informasi harga dari Samsung. Tapi mengamati harga GALAXY Note yang terjun bebas, sepertinya GALAXY Note II akan dipasarkan seperti GALAXY Note versi orisinil yaitu di kisaran 6,9 juta rupiah. Samsung menyebutkan bahwa GALAXY Note II baru akan mulai dipasarkan di kwartal ketiga tahun 2012 atau antara bulan Oktober sampai Desember 2012.

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.