Menerima pesan singkat atau SMS dari teman itu sudah biasa. Tapi pernahkah Anda membayangkan pesan singkat tersebut berasal dari anjing peliharaan Anda untuk memberi tahu keadaan mereka? Ya, berkat alat bernama Dog Caller, kini anjing-anjing kesayangan Anda dapat “berinteraksi” lewat pesan singkat.

Dog Caller merupakan hasil inovasi dari Rethink Toronto dan Toronto Humane Society Design. Tujuan dibuatnya Dog Caller juga cukup sederhana, yaitu untuk membantu mengurangi jumlah kematian anjing akibat peningkatan suhu yang terlalu panas.

Dog Caller hadir dalam wujud kotak kecil yang dikalungkan pada leher anjing Anda. Di dalam kotak ini, tersedia SIM Card, thermistor (sensor suhu), serangkaian chip dan lampu LED. Fungsi Dog Caller sebenarnya sama seperti ponsel, hanya saja perangkat ini tidak dilengkapi dengan keypad dan layar. Lalu cara kerjanya bagaimana? Jika suhu tubuh anjing Anda tiba-tiba meningkat melebihi suhu 26 derajat celcius, Dog Caller yang dikalungkan di lehernya akan segera mengirimkan SMS peringatan langsung ke nomor ponsel Anda. Dengan demikian, Anda dapat segera melakukan tindakan penyelamatan agar peliharaan kesayangan Anda tersebut tidak mati kepanasan.

Saat ini Dog Caller masih dalam tahap prototype. Rencananya produk ini akan segera dirilis tahun depan dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar US$ 20.