OwnFone: Ponsel Minimalis Tanpa Layar


Jika Anda mengira bahwa produk di atas ini adalah sebuah mainan, maka Anda salah. Memang dengan bentuknya yang mungil, penuh warna dan desain yang sederhana, perangkat ini terlihat seperti tidak serius. Tapi CyCell sangat serius mengeluarkan produk yang dinamakan OwnFone ini.

Memiliki telepon genggam sudah menjadi sebuah keharusan, namun masih ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam mengoperasikannya. Para lansia dan anak-anak misalnya, mereka memerlukan sesuatu yang sederhana dan tidak terlalu mahal – karena mereka cenderung lebih gampang merusaknya. Dan OwnFone ini sangat cocok untuk hal tersebut.

Cara memesannya sangat unik. Dengan mengunjungi situs myownfone.com, para calon pembeli diharuskan untuk merancang OwnFone mereka sendiri. Hal pertama yang ditanyakan adalah berapa jumlah nomor kontak yang ingin di tanamkan di ponsel ini. Pengguna dapat memilih untuk memasukan 2 kontak saja atau 4 kontak, 8 kontak, atau 12 kontak ke dalamnya.

Berikutnya adalah memilih warna OwnFone. Ada 6 pilihan warna OwnFone yang tersedia mulai dari warna pink, biru, hijau, jingga, merah, dan hitam. Setelah menentukan warna, pengguna juga bisa menambahkan pola atau gambar yang telah diatur oleh CyCell. Misalnya, ketika kita memilih opsi gambar pada OwnFone berwarna biru, kita akan mendapatkan gambar langit biru dengan matahari. Sedangkan pada OwnFone merah, kita akan mendapat gambar bunga mawar.

Setelah desainnya selesai, tahap berikutnya adalah memasukan nama sang pengguna, dan nomor-nomor beserta nama panggilan kontak yang diinginkan. Dan yang terakhir adalah menentukan jumlah waktu bicaranya yang disesuaikan dengan biaya per bulan.

Untuk menelepon, pengguna cukup menekan nama yang ingin dipanggil dan alat ini langsung menghubungkannya. Sangat sederhana bukan? Apalagi dengan bentuknya yang seukuran kartu kredit dan bobot tidak lebih dari 40 gram, siapapun dapat menggunakannya. Agar tidak mudah hilang, OwnFone juga dapat dikalungkan di leher. Baterainya cukup kuat untuk dapat bertahan hingga dua hari dalam penggunaan normal, dan bahkan selama setahun dalam mode Shutdown.

“It’s your OwnFone, you decide”


Untuk harganya, ponsel yang diciptakan khusus untuk tiap pribadi ini terbilang murah. CyCell membanderolnya dengan harga ?55 atau sekitar Rp 800 ribuan, namun sayangnya OwnFone hanya dijual untuk negara Inggris saja untuk saat ini. Berharap saja konsep ini bisa diadaptasi di Indonesia.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.