Sony Cybershot HX10V yang pernah kami uji sebelumnya berhasil membuat kami terkesan dengan performa dan kualitas foto yang ditawarkan. Dan sekarang kami mendapat kesempatan menguji generasi selanjutnya dari kamera saku superzoom Sony, Sony Cybershot HX20V, yang hadir dengan banderol harga cukup premium diantara kamera superzoom dari produsen lain yang ada di pasaran saat ini.

Konsep dan desain

Untuk tampilan luar, Sony Cybershot HX20V masih mewarisi desain pendahulunya Sony Cybershot HX10V dengan tetap mempertahanakan bodi yang kokoh, langsing tapi pas digenggam tangan. Dengan lapisan matte yang tidak licin, HX20V akan mantap di genggaman. Hand-grip yang memiliki tekstur juga dimiliki HX20V untuk kenyamanan dan ergonomi lebih saat menggunakannya.

Sony Cybershot HX20V hadir dengan mengandalkan tombol putar di samping layar 3.0-inci miliknya untuk memudahkan navigasi menu. Untuk penempatan dan ukuran tombol, tergolong baik. Kami berhasil mengoperasikan berbagai menunya dengan cepat dan tanpa kesulitan berarti. Untuk konektivitas, Sony Cybershot HX20V hanya dilengkapi HDMI yang berada di sisi kanan.

Fitur

Sony Cybershot HX20V telah dilengkapi lensa yang memiliki zoom optical 20x. Walaupun sudah cukup jauh, jangkauan zoom ini masih dapat ditingkatkan dengan teknologi 40x Clear Image Zoom. Teknologi ini sebenarnya merupakan zoom digital lebih canggih, yang tetap menjaga kualitas hasil foto. Jadi agak berbeda dengan zoom digital biasa.

tanpa zoom [perhatikan kotak merah]
Tanpa Zoom

dengan zoom maksimal, perbesaran pada subjek yang berada di kotak merah foto di atas
Hasil Zoom Maksimal

Untuk membantu Anda mengambil foto, kamera ini menyediakan sederetan mode yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti misalnya, Intelligent Auto, Superior Auto, Scene mode, panorama mode, Background Defocus, 3D, serta Movie Mode.

Sony Cybershot HX20V juga hadir dengan pilihan mode kreatif yang dapat diatur dengan mudah seperti yang ada pada kamera DSLT atau Sony NEX-series. Misalnya Color mode yang terdiri dari pilihan Black and white, sepia, vivid dan real, mengatur brightness atau gelap terang, serta pilihan sejumlah efek filter yang dapat dipilih untuk berkreasi yang terdiri dari Black and White, Illustration, Painting, Partial, Pop, Soft High Key, Toy Camera dan Watercolor. Sony Cybershot HX20V juga telah dilengkapi dengan modul GPS yang dapat berfungsi untuk menampilkan informasi tempat pengambilan gambar. Fitur ini tentunya akan lebih mengoptimalkan HX20V sebagai kamera teman setia perjalanan Anda.

Performa

Sony Cybershot HX20V dibekali dengan sensor Exmor R CMOS beresolusi 18,2 megapixel dan prosesor BIONZ untuk membantunya mengolah gambar. Kolaborasi keduanya membuat kamera ini dapat menghasilkan foto resolusi tinggi dan dapat merekam video para resolusi Full HD 1080p. Untuk ISO, Anda dapat mengatur setting ISO dari ISO 100 hingga ISO 12800.

Hasil foto dengan ISO tinggi dari Sony Cybershot HX20V ternyata cukup baik, untuk ukuran kamera saku. Sampai pasa ISO 6400, HX20V ini dapat menyajikan kualitas foto yang tetap tajam dengan akurasi warna yang terjaga. Sedangkan tingkat ketajaman foto mulai terlihat berkurang dengan muncul banyaknya noise pada penggunaan ISO 12800.

Hasil foto pada ISO 12800 (klik foto untuk melihat hasil test ISO Sony Cybershot HX20V)
ISO 12800

Selain handal di kondisi cahaya yang minim, Sony Cybershot HX20V juga cukup membuat saya terkesan dengan kecepatan autofokusnya. Kamera ini dapat menentukan fokus dengan cepat dalam keadaan standar atau dalam mode zoom maksimal. Kemampuan lensanya untuk menghasilkan foto yang tajam juga sangat baik. Anda dapat menghasilkan foto yang dengan tingkat ketajaman dan warna yang sangat baik, di atas rata-rata kamera saku, dengan mudah dan tanpa perlu banyak melakukan banyak pengaturan di dalam atau luar ruangan.

DSC00011
DSC00016

Hasil foto Sony Cybershot HX20V yang lain dapat dilihat disini.

Kesimpulan

Sony Cybershot HX20V lahir dari kebutuhan konsumen yang menginginkan banyak hal dalam sebuah kamera yang berukuran relatif mungil. Zoom panjang? Ada. Resolusi tinggi? Ada. Video Full HD? Ada. Lensa bermerek? Ada. Dan ternyata Sony berhasil meramu sekumpulan teknologi canggih tersebut menjadi Cybershot HX20V. Dengan kemasan bodi yang langsing dan ergonomis, serta kemampuan foto yang amat baik, HX20V akan mampu memenuhi hampir semua kebutuhan penggunanya.

Meski harga yang ditawarkan tergolong relatif premium yaitu Rp 5.157.000, Sony Cybershot HX20V tetap layak dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memiliki kamera saku superzoom yang handal di hampir semua kondisi.

Kelebihan:
+ Body nyaman dalam genggaman
+ Lensa berkualitas
+ Hasil foto baik
+ Handal di kondisi low light

Kekurangan:
– Harga relatif mahal
– Konektivitas minim