Spesifikasi smartphone dan tablet PC yang semakin canggih saat ini membawa dampak pada borosnya baterai. Karena itu, para pengguna gadget membeli baterai cadangan atau memiliki portable charger untuk mengisi ulang tenaga baterai saat bepergian. Sebagai salah satu vendor elektronik yang populer saat ini, Panasonic memiliki sebuah produk portable charger yang cukup menarik yaitu Panasonic QE-PL101.

Konsep dan Desain

Dalam paket pembeliannya, perangkat ini sudah dilengkapi adapter input microUSB, kabel output USB ke microUSB dan buku manual. Mengingat produk ini masih sangat baru dan kami termasuk media pertama yang dipinjami, buku manualnya masih dalam bahasa Jepang. Tapi jangan khawatir, karena buku manual pada produk yang dilepas ke pasaran pasti sudah dalam bahasa Indonesia. Dari segi ukuran, Panasonic QE-PL101 hadir dalam ukuran mini yang mudah disimpan di dalam saku celana. Melihat spesifikasi yang tertera di box, Panasonic QE-PL101 ini memiliki baterai isi ulang berkapasitas 2700mAh yang seharusnya cukup untuk sebuah smartphone atau tablet PC saat berpergian.

Untuk konektivitasnya hanya tersedia port output USB ke microUSB dan input microUSB. Tampilannya juga cukup sederhana. Perangkat ini hanya dilengkapi dengan sebuah tombol dan lampu indikator yang akan berubah warna menandakan kapasitas baterainya yang tersisa.

Performa
Untuk mencobanya pertama kali memang cukup membingungkan mengingat minimnya informasi yang kami dapatkan dari buku manual yang berbahas Jepang. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cara menggunakannya ternyata cukup mudah.

Anda hanya perlu melihat lampu indikatornya yang akan berwarna kuning jika terisi penuh, orange dalam keadaan setengah penuh dan berwarna merah jika akan mulai habis. Satu hal yang menarik dari Panasonic QE-PL101 adalah kemampuannya untuk stop mengisi asupan listrik jika baterainya telah penuh. Tentu ini sangat menguntungkan karena dapat mencegah bocornya baterai dan Anda juga dapat mengisi ulang tenaganya saat sedang tidur.

Selain dapat mengisi ulang gadget kesayangan lewat koneksi microUSB, Panasonic QE-PL101 juga menawarkan cara lain yaitu via wireless. Namun untuk melakukan hal tersebut, kita harus membeli aksesoris wireless charge Pad tambahan lagi. Karena unit yang kami terima tidak dilengkapi dengan wireless charge Pad jadi kami tidak dapat mencobanya saat ini.

Untuk pengujiannya saya melakukan isi ulang baterai smartphone Samsung Galaxy Note yang berkapasitas lumayan besar yaitu 2500mAH, saat sisa tenaganya hanya sekitar 1%. Setelah ditancapkan, saya tetap menyalakan Samsung Galaxy Note sambil menggunakannya untuk browsing serta chat via Whatsapp secara konstan.

Hasilnya, Panasonic QE-PL101 dapat memberi asupan tenaga cadangan sebanyak 50% pada Samsung Galaxy Note dalam waktu yang relatif singkat yaitu sekitar 1 jam 30 menit sebelum akhirnya terkuras habis.

Kesimpulan
Bentuk yang relatif mungil dan mudah dikantungi membuat Panasonic QE-PL101 cukup bersaing dengan banyaknya portabel charger sejenis buatan lokal atau Cina. Selain dapat mengisi ulang baterai dengan cukup cepat, fitur isi ulang baterai yang dapat stop secara otomatis sangat efektif sekali untuk memperpanjang daya guna baterainya dan cukup membantu bagi sebagian orang yang gemar mengisi ulang baterai gadget pada saat tidur. Dengan harga yang relatif terjangkau sekitar Rp 250 ribu, Panasonic QE-PL101 layak dijadikan sebagai pasangan tepat untuk gadget Anda saat bermobilitas.

Kelebihan
+ Harga relatif terjangkau
+ Pemakaian mudah
+ Baterai dapat otomatis stop ketika penuh

Kekurangan
– Hanya dapat digunakan oleh gadget yang memanfaatkan port microUSB