Review Enzatec HS706BK

Dalam dunia audio, kualitas suara merupakan hal yang terpenting. Tentunya juga ada faktor penting lainnya, seperti kenyamanan dan portabilitas. Baru-baru ini, sebuah headphone yang harganya cukup terjangkau mendarat di meja redaksi kami.

Konsep dan desain


Dari segi desain, selain menawarkan desain headband yang dapat dilipat dan earpad yang dapat diputar, tidak terlihat keistimewaan lain dari headphone ini. Dengan konsep desain lipat dan putarnya ini, Enzatec HS706BK dapat dibawa dengan mudah dan tidak menyita banyak tempat. Namun sayang, bahan bodi plastiknya terasa kurang kokoh.

Pada bagian earpad, bantalan busa lembut berlapis kulit sintetis hadir melindungi bagian dalam driver headphone. Berkat penggunaan busa lembut tersebut, headphone ini memang cukup nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Enzatec HS706BK hadir dengan kabel jack audio berukuran 3.5mm yang dapat digunakan hampir di seluruh perangkat gadget dari laptop, iPod, MP3 Player dan sebagainya.

Performa
Heapdhone ini hadir dengan driver berukuran 40mm yang dapat menghasilkan suara pada respon frekuensi 20-20.000 Hz. Untuk mengujinya, saya menancapkan Enzatec HS706BK pada Galaxy Note dan memutar file musik tanpa kompresi .FLAC dan tidak menyalakan fitur EQ. Pertama saya mendengarkan album 21 dari Adele.

Enzatec HS706 dapat menyajikan suara Adele dengan cukup baik. Suara yang dihasilkan terdengar lebih condong pada sektor mid dan treble dengan karakter vokal yang bright dan sedikit menyakitkan telinga pada nada-nada tinggi. walau begitu dentuman bass masih dapat dirasakan meski terasa kurang “nendang”. Masuk pada lagu “Dont You Remember” yang diawali dengan petikan dawai gitar dan vokal Adele, antara instrumen pengiring dan vokal dapat terdengar jelas dan tersparasi dengan cukup rapih dan detil meski tetap suara gebukan bass tidak begitu terasa ketika masuk pada bagian reff.

Kemudian pengujian berlanjut pada koleksi lagu dari album Nothing but the beat dari David Guetta. Sama seperti sebelumnya, headphone ini kurang handal dalam menyajikan suara bass. Pada lagu bergenre upbeat ini, vokal dan mid tetap lebih terasa dominan dibandingkan suara bass yang seharusnya lebih terasa “nendang” pada lagu-lagu berjenis ini. Sedangkan untuk Isolasi suaranya, Headphone ini sudah cukup baik. Anda masih dapat menikmati musik kesayangan tanpa harus terganggu dari suara yang berasal dari lingkungan sekitar.

Kesimpulan
Desain lipat yang ringan dan portabel menjadi keunggulan dari headphone ini. Meski kualitas suara yang dihasilkan tidak terasa “wah”, namun cukup sebanding dengan harganya yang hanya Rp 175.000. Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik berjenis pop, rock, atau jazz yang lebih mengedepankan suara vokal dan mid, dan tidak ingin keluar banyak uang, headphone ini bisa jadi pilihan.

Kelebihan:
+ Kualitas suara cukup baik
+ Harga terjangkau
+ Desain lipat, memudahkan saat disimpan

Kekurangan:
– Material plastik terasa kurang kuat
– Kabel relatif tipis

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.