Waktu Sony VAIO Y-Series pertama kali diperkenalkan beberapa waktu silam, banyak yang bertanya apakah ada kesalahan di label harganya. Pasalnya, Sony VAIO Y-Series merupakan laptop Sony VAIO paling murah yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Dan kini Sony Indonesia menghadirkan penerusnya. Sony VAIO E11 ini menggunakan prosesor E2-1800 terbaru dari AMD. Prosesor berkecepatan 1,7Ghz yang diduetkan dengan chip grafis AMD Radeon 7340 ini terbukti mampu melahap berbagai tugas, termasuk multimedia dan game 3D, dengan lancar.

Desain VAIO E11 berhasil tampil ringkas dan tetap keren, dengan layar TFT LED 11,6 inci dan pilihan warna casing “masa kini” seperti putih, hitam dan pink. Dengan bobotnya yang hanya 1,5 kg (termasuk baterai), VAIO E11 akan sangat mudah dibawa dan tidak membebani. Spesifikasi lain meliputi RAM 2GB, hard disk 320GB, port USB 3.0, koneksi HDMI, HD web camera dengan teknologi “Exmor R for PC”, serta teknologi Clear Phase dan xLoud untuk menggenjot sektor audio.

Kesan pertama
Saat peluncurannya, saya sempat memegang VAIO E11 beberapa saat. Desainnya memang tidak berbeda jauh dibandingkan VAIO Y-Series. Yang sedikit berbeda adalah desain tombol power. Tidak ada lagi tombol power yang menyala seperti VAIO Z-Series. Pemilihan warna keyboard kini terasa lebih pas, tidak hanya warna hitam seperti VAIO Y-Series.

Untuk performa, saya belum sempat mencobanya. Tapi menurut presentasi, VAIO E11 akan dapat melahap video Full-HD 1080p dengan lancar. Game 3D juga dapat dimainkan dengan cukup baik, tentunya dengan setting agak ke bawah. Bagi yang ingin mendapatkan tambahan performa, saya sarankan menambah RAM menjadi minimal 4GB.

Yang menarik, VAIO E11 dijual dengan harga yang sama seperti VAIO Y-Series saat ini yaitu Rp 4.599.000. Cukup murah kan, untuk sebuah komputer yang menyandang merek Sony?