Sony VAIO E11: Keren, Murah dan Bertenaga dengan Prosesor AMD E2-1800


Waktu Sony VAIO Y-Series pertama kali diperkenalkan beberapa waktu silam, banyak yang bertanya apakah ada kesalahan di label harganya. Pasalnya, Sony VAIO Y-Series merupakan laptop Sony VAIO paling murah yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Dan kini Sony Indonesia menghadirkan penerusnya. Sony VAIO E11 ini menggunakan prosesor E2-1800 terbaru dari AMD. Prosesor berkecepatan 1,7Ghz yang diduetkan dengan chip grafis AMD Radeon 7340 ini terbukti mampu melahap berbagai tugas, termasuk multimedia dan game 3D, dengan lancar.

Desain VAIO E11 berhasil tampil ringkas dan tetap keren, dengan layar TFT LED 11,6 inci dan pilihan warna casing “masa kini” seperti putih, hitam dan pink. Dengan bobotnya yang hanya 1,5 kg (termasuk baterai), VAIO E11 akan sangat mudah dibawa dan tidak membebani. Spesifikasi lain meliputi RAM 2GB, hard disk 320GB, port USB 3.0, koneksi HDMI, HD web camera dengan teknologi “Exmor R for PC”, serta teknologi Clear Phase dan xLoud untuk menggenjot sektor audio.

Kesan pertama
Saat peluncurannya, saya sempat memegang VAIO E11 beberapa saat. Desainnya memang tidak berbeda jauh dibandingkan VAIO Y-Series. Yang sedikit berbeda adalah desain tombol power. Tidak ada lagi tombol power yang menyala seperti VAIO Z-Series. Pemilihan warna keyboard kini terasa lebih pas, tidak hanya warna hitam seperti VAIO Y-Series.

Untuk performa, saya belum sempat mencobanya. Tapi menurut presentasi, VAIO E11 akan dapat melahap video Full-HD 1080p dengan lancar. Game 3D juga dapat dimainkan dengan cukup baik, tentunya dengan setting agak ke bawah. Bagi yang ingin mendapatkan tambahan performa, saya sarankan menambah RAM menjadi minimal 4GB.

Yang menarik, VAIO E11 dijual dengan harga yang sama seperti VAIO Y-Series saat ini yaitu Rp 4.599.000. Cukup murah kan, untuk sebuah komputer yang menyandang merek Sony?

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.

13 Responses

  1. sarono

    Bos saya mau beli yang Y series, kira2 apa ya kendalanya. Katanya nyari driver nya susah ketika os nya di downgared atao di upgrade. Thanks b4

  2. Andy

    saya sudah punya laptopnya, tapi pada saat saya tambah RAM 4 GB dgn pc yg sama, tidak terbaca used nya hanya 1,6 GB, mohon infonya ? Thanks

    • Vaionia

      PC nya BRP Bro.

      Gue Jg lagi Pikir-pikir mw upgrade jadi 8GB RAM nya, Setau Ane Eserie AMD ini PC 12800 (Kcptan 800mhz) jadi Kalo ente Upgrade Bda Sma PC tapi Kcptannya beda (lebih cpt yang bawa’n) yaw otomatis dy ke baca yg bawa’an bro..

      Sbaiknya gw sarani cabut aja yg bawa’n nya jgan dibuat Dual Slot…

    • Kristian Tjahjono

      @budi
      bisa, tapi bakal bikin stres. Dianjurkan minimal Core i5 dengan RAM minimal 4GB.

  3. budi

    apakah dengan spek standar bisa untuk menjalankan program autocad atau harus di upgrade RAMnya?bawaan OSny awin 8 atau 7?

  4. ramanda

    ada g e series lainnya yang make intel aja ?

    • Kristian Tjahjono

      @ramanda
      ada E14p, tapi layarnya 14 inci

  5. fahim

    kira-kira amd radeon HD 7340 di layar 11″ bisa ga buat main pes2012?

    • Kristian Tjahjono

      @fahim
      seharusnya bisa bro.. cuma setting low atau medium belum dicoba. :)

    • Kristian Tjahjono

      @angel
      seharusnya bisa, tapi sebaiknya pastikan RAM sudah diupgrade ke 4GB.