Walaupun TV terus berkembang menjadi semakin ramping dan tipis, tapi lain halnya dengan speaker home theater. Mungkin satu-satunya inovasi hanyalah dari segi konektivitas yang kini sudah mendukung koneksi nirkabel.

Sebenarnya ada satu produk yang mengusung teknologi surround sound virtual yaitu soundbar. Tapi mengingat harganya yang masih cukup mahal untuk pasar Indonesia, Anda mungkin akan jarang menjumpainya di toko elektronik kesayangan Anda.

Sound bar dari Bowers & Wilkins berikut ini siap menyulap ruang santai Anda menjadi bioskop pribadi, hanya dengan satu unit speaker yang ekstra lebar ini. Walaupun hanya satu unit, Panorama dapat menghadirkan suara surround 3 dimensi seperti layaknya pada bioskop. Di mana rahasianya? Kombinasi teknologi DSP yang rumit dan drive unit yang ditempatkan secara presisi di dalam Panorama dapat menghadirkan suara yang menyerupai sistem multi-speaker (5.1 atau 7.1).

Kualitas suara tetap menjadi prioritas B&W. Sound bar pertama dari Bowers & Wilkins ini telah menjalani proses pengujian dan tuning yang sama seperti speaker 800 Series yang jauh lebih mahal. Di balik grill pelindungnya, Anda akan menemukan satu buah tweeter, 6 unit midrange drive serta dua unit subwoofer.

B&W Panorama sudah dipasarkan sejak tahun 2009 di kisaran harga 20 jutaan rupiah. Mungkin Anda bingung mengapa yangcanggih.com masih membahas produk teknologi yang diperkenalkan 3 tahun silam. Jawabnya, perkembangan produk audio tidak secepat perkembangan televisi atau smartphone. Kualitas suara sendiri juga bersifat subyektif, sehingga ada kalanya produk yang lebih “kuno” malah lebih disukai.