Sebagai bagian dari kegiatan rutin Coorporate Sosial Responsibility (CSR) tiap tahun, kali ini lewat esia Bikers Community, Bakrie Telecom melakukan 2 kegiatan sosial sekaligus di 2 tempat berbeda, yakni di Tangerang, Banten dan Bandung, Jawa Barat. Kedua kegiatan tersebut berlangsung pada 11 Agustus lalu dimulai sejak dini hari.

Acara pertama berlangsung di Panti Asuhan Darussalam Annur di Ciledung, Kota Tangerang. Beberapa jurnalis telko termasuk YANGCANGGIH, diajak untuk mengikuti Sahur on the Road (SotR) dalam kemasan lain, mengingat SotR dalam arti sebenarnya sudah lama dilarang. Bersama dengan rombongan esia Bikers Community, kami berjalan beriringan sejak Jum’at tengah malam dari Wisma Bakrie, Kuningan, hingga tiba di lokasi acara pada Sabtu dini hari.

Inti acara kali ini adalah bergembira bersama dengan para penghuni panti. Kami semua berbaur bersama dalam satu ruangan dengan berbagai hiburan seperti marawis, dancer Islami, sulap, menyanyi bersama dan tentu saja tak lupa pembacaan ayat suci Al Qur’an. Setelah itu, sahur bersama dengan menu nasi kotak dan air mineral disantap bersama penghuni panti, mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek yang dikenal dengan panggilan “Manohara”. Setelah itu, acara diakhiri dengan pemberian bantuan dari Bakrie Telecom.

Setelah fajar, YANGCANGGIH bersama beberapa tim esia melanjutkan perjalanan ke Bandung, untuk mengikuti kegiatan CSR kedua. Bertempat di Gegerkalong, yang berdekatan dengan kompleks Daarut Tauhiid milik Aa Gym, esia bekerja sama dengan Insta Sunda, sebuah kelompok pengguna Instagram yang menggunakan hastag #InstaSunda tiap kali mem-posting foto, menyambangi Rumah Cemara, yang menaungi orang-orang pengidap HIV AIDS atau pecandu Napza.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengampanyekan semua yang berhubungan dengan AIDS dan penyalahgunaan Napza lewat jejaring sosial berbasis foto, Instagram, yang sedang populer baik di iOS maupun Android. Di akhir acara, esia kembali mendonasikan sejumlah uang dan sebuah device HTC Desire VC bundling esia untuk digunakan dalam mengambil foto yang berhubungan dengan tema kampanye lalu mengunggahnya ke Instagram.

Anandita Danaatmadja, General Manager PR & CSR PT.Bakrie Telecom dalam sambutannya mengatakan, esia antusias dalam kerja sama ini, mengingat program CSR mereka yang fokus dalam hal pendidikan, bisa dikemas dalam bentuk yang berbeda.

“Program CSR kami fokus dalam hal pendidikan, seperti Kelas Hijau esia yang kami miliki. Namun, kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan pendidikan, tetapi caranya menarik karena memanfaatkan Instagram sebagai media edukasi HIV.”

Selain itu, kampanye juga dilakukan lewat sepak bola sebagai bukti bahwa mereka yang mengidap HIV juga mampu berolah raga seperti halnya orang normal. Bahkan beberapa di antara mereka telah dan kembali akan mewakili Indonesia dalam World Cup for Homeless yang tahun ini diselenggarakan di Meksiko setelah sebelumnya berlangsung di Perancis.