Pertanyaan Samsung di beberapa billboard pada pertama kali GALAXY Note 5 inci diluncurkan, It is phone or tablet? nampak makin tegas terlihat jawabannya setelah vendor raksasa asal Korea tersebut menyiapkan GALAXY Note versi 10.1. Dengan layar sebesar itu, tentu saja perangkat ini masuk ke dalam jajaran tablet PC yang diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada Anda secara intuitif. Hal tersebut karena selain dilengkapi dengan prosesor quad-core 1.4GHz dan RAM 2GB untuk meningkatkan kinerja, Samsung GALAXY Note 10.1 juga memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan ide secara alami dan efisien berkat hadirnya S Pen Samsung.

JK Shin, President of IT & Mobile Communications Division Samsung Electronics, menyampaikan dalam rilis tertulis yang kami terima beberapa hari lalu.

“Samsung GALAXY Note 10.1 menawarkan pengalaman mobile yang lengkap dalam menciptakan konten bersifat pribadi dan ekspresif. Mencatat, merekam sebuah gagasan secara cepat dan membuat sketsa yang diwujudkan menjadi ide, merupakan cara yang sangat personal dan alami untuk menjadi lebih produktif dan kreatif.”

Kemampuan multitasking yang dimiliki dimanfaatkan secara optimal pada layar 10.1 incinya tersebut lewat fitur Multiscreen yang memungkinkan Anda dengan mudah menggunakan dua aplikasi yang berbeda pada dua sisi bersebelahan di layar secara simultan untuk kegiatan multitasking yang sebenarnya. Misalnya, Anda dapat melihat halaman Web bersama video, atau membuka aplikasi lain saat menulis atau membuat sketsa ide dengan S Pen.

Ngomong-ngomong soal S Pen, stylus khusus yang hadir pertama kali di GALAXY Note 5 inci ini memiliki ukuran 6.5mm. Fungsi S Pen dirancang agar ketika dikeluarkan, sistem secara otomatis akan meluncurkan aplikasi khusus yang dapat dioptimalkan, yakni S Note, S Planner, Crayon physics, Adobe Photoshop Touch, maupun Polaris Office. Atau Anda juga dapat menyentuh layar dua kali sambil menekan tombol S Pen untuk akses cepat S Note melalui widget, yang dapat dengan mudah dipindahkan di mana saja dalam layar.

Sementara S Note adalah perangkat unik yang memberikan Anda kemampuan untuk menggabungkan catatan dan sketsa dengan konten digital lainnya pada template siap pakai. Fitur Shape Match dan Formula Match membantu memperbaiki bentuk geometris secara digital dan menjawab formula numerik dengan S Pen. S Note juga terintegrasi dengan fitur pencarian sehingga Anda dapat mencari konten, informasi, serta dengan mudah memindahkan konten ke S Note tanpa harus beralih ke layar lain.

Beberapa fitur lain yang bisa Anda temukan di Samsung GALAXY S III telah ditambahkan pula ke GALAXY Note 10.1, seperti Smart Stay dan Pop Up Play. Perangkat ini akan hadir bulan ini juga secara global dalam tiga pilihan konektivitas: versi WiFi, WiFi dan 3G HSPA-Plus, dan versi WiFi dan LTE. akhir tahun ini. Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai Samsung GALAXY Note 10.1 pada tulisan kami sebelumnya di sini.

Untuk Indonesia, Samsung Galaxy Note 10.1 akan hadir awal September 2012. Jadi nantikan ulasannya di sini ya.