Teknologi layar berpanel IPS tampaknya semakin diminati oleh para vendor IT. Misalnya seperti LG yang belum lama ini mengeluarkan monitor IPS7L dan All-in-One PC LGV720. Kini, Dell juga mengikuti jejak LG dengan mengumumkan produk monitor display terbaru mereka, U2713HM, yang berteknologi AH-IPS.

Sebenarnya, dapat dikatakan Dell menyalip LG dengan mengeluarkan U2713HM. Mengapa? Pasalnya, teknologi AH-IPS atau Advanced High Performance IPS telah dikembangkan oleh LG sejak tahun 2011, namun mereka sendiri belum merilis monitor dengan teknologi tersebut. Teknologi AH-IPS ini memiliki akurasi warna, jumlah resolusi serta PPI (Pixel per Inch) yang lebih baik serta konsumsi energi yang lebih efisien dibandingkan oleh IPS.

Seri U2713HM merupakan monitor pertama dari Dell yang berteknologi AH-IPS. Memiliki ukuran 27 inci dengan resolusi 2,560 x 1440 (WQHD) yang sama dengan iMac, U2713HM ini sepertinya akan menjadi monitor favorit para desainer grafis. Dengan teknologi AH-IPS di dalamnya, U2713HM viewing angle hingga 178 derajat tanpa kehilangan akurasi warna. Dell juga mengklaim bahwa monitor terbaru mereka ini memangkas konsumsi energo hingga 37 jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, U2711.

Untuk monitor premium yang dibanderol dengan harga 50,000 yen atau sekitar Rp 6 juta ini, Dell menyematkan konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari HDMI, DisplayPort, VGA dan DVI-D, hingga 4 port USB 3.0 hub. Sayangnya, monitor ini baru dikeluarkan di Jepang saja, dan belum ada konfirmasi kapan akan sampai di pasar lokal.