Nuance, perusahaan yang dikenal berkat aplikasi pengenalan suaranya, kini meluncurkan asisten virtual baru untuk smartphone. Nuance Interactive Natural Assistant, atau Nina, merupakan teknologi di smartphone yang dapat merespon ke perintah suara yang Anda berikan. Nantinya Nuance akan menghadirkan Nina dalam bentuk SDK bagi para developer. Jadi boleh dibilang Nina merupakan solusi B2B kasus per kasus, bukan hadir dalam bentuk aplikasi.

Tiga fitur utama yang dimiliki Nina adalah biometric voice-unlock untuk menggantikan password sebuah akun, pengenalan suara biasa, dan pemahaman bahasa yang nantinya akan dapat digunakan untuk merespons pengguna.

Lho, bukannya sudah ada Siri untuk iPhone dan Google Now untuk Android Jelly Bean? Iya, tapi Nina beda. Nina merupakan asisten virtual pertama yang menggabungkan pengenalan suara dan biometrik suara dalam satu solusi. Perbedaan lain, Nina hadir di platform Android dan iOS. Nuance sendiri menyatakan bahwa Nina memiliki tujuan yang berbeda dibanding Siri. Walaupun saat ini target spesifiknya masih pasar korporasi, Nuance berharap Nina akan bisa digunakan di aplikasi konsumen biasa.

Nina Virtual Assistant SDK sendiri sudah hadir dalam bahasa Inggris US, British dan Australia. Dukungan bahasa lain akan dihadirkan akhir tahun nanti.