Belanja melalui Internet atau istilah kerennya online shopping memang sedang marak saat ini. Salah satu situs belanja online yang cukup terkenal di Indonesia, Blibli.com, merayakan ulang tahun pertamanya.

Bagi yang masih awam dengan Blibli.com, situs e-commerce ini menyediakan berbagai produk dari kategori Electronics, Handphones, Women, Man, Kids & Baby, Interests & Entertainment, Culinary, hingga Otomotif. Kualitas produk dan pelayanan menjadi fokus perusahaan yang masih tergabung dengan PT. Djarum tersebut.

“Potensi e-commerce di Indonesia sangat besar, karenanya Blibli.com sebagai salah satu e-commerce pertama yang merupakan hasil karya anak Indonesia berusaha untuk membangun suatu ecosystem yang kuat dengan partner-partner Indonesia yang handal untuk memberikan layanan berkualitas yang mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat sehingga mereka dapat merasakan manfaat penuh dari e-commerce,” ungkap CEO Blibli.com Bpk Kusumo Martanto.

Sedikit kilas balik, Blibli.com resmi diluncurkan pada tanggal 25 Juli 2012 dengan nilai investasi awal sebesar 10 juta USD atau hampir 100 milyar rupiah. Saat itu jumlah pengunjung Blibli.com per hari masih di kisaran 3000 orang. Kini jumlah pengunjung per hari sudah mencapai 30.000 pengunjung. Hal ini juga dipicu oleh kemudahan pilihan pembayaran yang ditawarkan Blibli.com. Pelanggan dapat menyelesaikan transaksi dengan menggunakan kartu kredit dari bank mana pun, transfer melalui ATM Mandiri dan BCA, KlikBCA, KlikPay BCA, Mandiri ClickPay, dan CIMB Clicks. Untuk pengiriman barang, mereka mengandalkan RPX dan JNE yang melengkapi mitra awal, yaitu NCS.

Ada satu keunikan yang dimiliki Blibli.com. Selain kelengkapan produk lengkap dan promo kreatif, Blibli.com juga menghadirkan fitur Expert yang membantu pelanggannya untuk menjadi smart shopper dengan memberikan tips, artikel, dan informasi seputar belanja online dan trend dan review produk terbaru dari expert dari masing-masing kategori produk yang dihadirkan oleh Blibli.com. Fitur expert ini kini tengah dikembangkan menjadi program BlibliFriends yang membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang passionate terhadap bidang fashion, gadget, sports & hobby untuk menjadi Reviewer dan Kurator Terbaik sehingga bisa berekspresi dengan menyalurkan pengetahuan sesuai dengan minatnya dan membantu jutaan pengguna Blibli.com untuk semakin cermat dan well-informed dalam memilih produk dan memenuhi kebutuhannya.

“Fitur expert dibangun dan dikembangkan oleh Blibli.com untuk membantu pelanggan untuk menjadi smart shopper, ke depan, dengan adanya BlibliFriends, Blibli.com berharap agar fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga untuk menyalurkan pengetahuan seputar bidang yang diminatinya dan membagikannya agar lebih bermanfaat,” kata Head of Marketing Blibli.com Bpk Ivan W. Hudyana.

Rencana berikutnya, Blibli.com akan terus berinovasi menghadirkan pengalaman belanja masa depan yang menyenangkan dan tidak ribet. Hal tersebut akan diraih dengan menambah koleksi dan kelengkapan produk serta menghadirkan versi tablet dari situs Blibli.com. Jadi belanja dapat dilakukan di mana saja dan dengan perangkat apa pun, dengan tetap santai dan menyenangkan.

Berminat belanja online?