Review Panasonic Lumix DMC-FT20

Kamera saku tangguh biasanya identik dengan desain bodi yang kaku dan kurang menarik. Tapi apakah ada kamera saku tangguh dengan body yang tampil gaya? Jawabnnya, ada.

Konsep dan desain
Perbedaan antara Panasonic Lumix DMC-FT3 dan Panasonic Lumix DMC-FT20 cukup jelas terlihat dari ukurannya. FT20 hadir dengan bodi yang lebih langsing dan lebih mungil dibandingkan FT3. Meskipun lebih kecil, ada beberapa hal yang sama-sama dimiliki keduanya.

sistem pengaman tambahan untuk mencegah kebocoran ketika digunakan di dalam air.

Salah satunya adalah desain. Panasonic Lumix FT20 masih membawa garis desain kamera tangguh Panasonic Lumix FT-series. Lekukan tegas di tiap sudut sekeliling bodi dan sistem pengaman tambahan pada bagian penutup baterai terlihat jelas untuk menunjukan identitas kamera ini sebagai kamera saku tangguh yang handal di segala medan pemotretan termasuk di dalam air. Seberapa tangguhkah FT20? Data dari Panasonic menyebutkan FT20 mampu bertahan jika dijatuhkan dari ketinggian 1,5 meter, menyelam sampai kedalaman 5 meter serta saat digunakan di temperatur -10?C.

Ukuran bodi yang lebih langsing juga berdampak pada menyusutnya ukuran tombol-tombol navigasi dan layar. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Semua tombol navigasi pada Panasonic FT20 masih cukup nyaman untuk ditekan meski ukurannya lebih mini. Layar berukuran 2,7-inci juga masih cukup optimal, termasuk saat digunakan di dalam air..

Dalam genggaman tangan, kamera ini sangat pas dan nyaman. Satu nilai positif dari desain Lumix FT20 yang mungil; Anda bisa mengantunginya dengan mudah di saku celana. Ini berguna saat Anda ingin menggunakannya di pantai atau tempat lain yang menyulitkan Anda untuk membawa tas.

Menciutnya ukuran juga membuat FT20 cocok untuk digunakan kaum hawa yang aktif dan tidak ingin membawa kamera tahan banting yang berukuran terlalu besar.

Fitur

Tampilan menu yang sangat sederhana dan mudah Digunakan, ditambah dengan hadirnya pilihan mode underwater yang lebih optimal untuk membantu Anda memotret di dalam air.

Untuk deretan fitur, tidak ada fitur istimewa yang ditemukan di Panasonic Lumix FT20. Seperti biasa, Panasonic menyediakan fitur underwater mode yang khusus dirancang untuk pengambilan foto di bawah air. Fitur andalan Panasonic seperti intelligent Auto(iA) dan sederetan opsi scene mode juga dapat ditemukan di sini. Pilihan Scene mode yang tersedia antara lain Portrait, Soft Skin, Scenery, Panorama Shot, Night Portrait, Night Scenery, Food, Baby1, Baby2, Pet, Sunset, High Sensitivity dan Glass Through.

Selain itu, Anda juga dapat merekam video berkualitas HD 720p. Satu fitur yang hilang dari kamera tangguh ini adalah fungsi GPS. Namun melihat harganya yang cukup rendah, rasanya wajar saja jika Panasonic tidak memasukkan fitur ini.

Performa

Untuk pemotretan dalam kondisi minim cahaya, FT20 didukung dengan opsi pilihan ISO yang amat standar untuk kamera keluaran 2012, hanya dari ISO 100 hingga ISO 1600. Hasil tes ISO Panasonic FT20 dapat Anda lihat di bawah ini.

ISO 400
ISO 400

ISO 1600
ISO 1600

Dari hasil tes diatas, penggunaan ISO rendah dari ISO 100 hingga ISO 400 kamera ini masih dapat diandalkan dengan hasil foto yang cukup tajam dan warna yang akurat. Sedangkan pada ISO 800 dan ISO 1600 hasil foto mulai dipenuhi noise yang mengganggu.

Saat mengujinya di luar ruangan, kami menggunakan mode intelligent Auto. Untuk di dalam air, kami menggunakan mode underwater. Kamera ini dapat menangkap fokus dengan cepat dan tanpa waktu jeda yang berlebihan.

Test shot di dalam air: Dengan pencahayaan yang cukup, kamera ini masih dapat menghasilkan foto yang tajam dan detil meski di dalam air
P1000406

P1000179
Hasil foto dari Panasonic Lumix DMC-FT20 yang lain dapat Anda lihat di sini

Kesimpulan
Ukuran yang mungil dan kemasan yang lebih feminin menjadikan Lumix FT20 lebih mudah dikantungi dan lebih cocok digunakan oleh kaum wanita. Foto yang dihasilkan juga cukup baik dan tajam dalam kondisi cahaya yang baik. Sayangnya, setting ISO terbatas dan hasil foto pada kondisi minim cahaya kurang memuaskan. Justru hasil foto di dalam air yang cukup mengagumkan. Sepertinya kamera ini dirancang bagi pengguna yang sering memotret di bawah air dan hanya sedikit memotret di malam hari atau kondisi cahaya remang-remang.

Dengan banderol harga sekitar Rp 2.500.000, Panasonic DMC-FT20 termasuk cukup murah. Bagi Anda yang membutuhkan kamera tahan banting dan bisa diajak menyelam jarak pendek

Kelebihan:
+ Bentuk mungil dan tahan banting
+ Menu sangat sederhana dan mudah digunakan
+ Harga terjangkau
+ Hasil foto di bawah air bagus

Kekurangan:
– Hasil foto hanya optimal pada kondisi cahaya yang amat baik
– Setting ISO amat standar

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.