Panasonic TZ30 2 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Jajaran kamera Lumix-TZ series memang dhadirkan Panasonic dengan kemampuan zoom panjang dalam kemasan bodi yang mungil. Kini, memasuki generasi ketiganya, Panasonic menghadirkan Lumix DMC-TZ30 yang disiapkan dengan beberapa peningkatan fitur maupun performa dari pendahulunya.


Konsep dan Desain

Panasonic TZ30 3 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Panasonic Lumix DMC-TZ30 hadir dalam kemasan bodi yang solid dengan ukuran dan ketebalan yang cukup pas di tangan. Untuk menambah ergonomi kamera ini, Panasonic melengkapinya dengan sebuah handgrip berbahan karet. Dengan adanya handgrip memang membuatnya lebih nyaman digenggam, namun sayang, pilihan permukaan karetnya tidak bertekstur sehingga terasa licin saat tangan berkeringat.

Kamera ini mengemas tombol-tombol yang cukup minimalis dengan ukuran yang tergolong kecil namun masih tetap nyaman untuk ditekan. Penempatannya pun cukup baik. Satu hal lagi yang kami sukai adalah tombol preview di bagian kanan untuk melihat hasil foto dengan cepat. Letak tombol REC yang berada tepat di samping tombol shutter juga cukup efektif untuk mempercepat waktu saat berganti dari mode foto ke video.

Panasonic TZ30 1 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Layar sentuhnya cukup responsif ketika digunakan pada mode touch fokus

Seluruh hasil foto dan kegiatan memotret Anda akan ditampilkan lewat layar sentuhnya yang berukuran 3-inci. Dengan mengusung sistem layar sentuh, kegiatan memotret juga semakin dimudahkan. Anda dapat mengambil foto dan menentukan titik fokus pada subjek hanya dengan sentuhan jari. Untuk konektivitas, Lumix TZ30 hanya memiliki dua koneksi, yaitu HDMI dan mini HDMI.

Panasonic TZ30 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Fitur
Panasonic Lumix DMC-TZ30 hadir dengan lensa Leica DC Vario Elmar 24mm yang memiliki zoom optikal 20x. Ini artinya lensa tersebut memiliki jangkauan setara dengan 24mm-480mm pada kamera 35mm. Dengan jarak jangkauan lensa yang panjang tersebut, kamera ini cocok digunakan di mana saja. Panasonic juga memasukkan fitur POWER OIS yang berfungsi untuk membuat kamera lebih stabil agar hasil foto tetap tajam walaupun tangan pengguna kurang stabil.

Seperti kamera saku yang lain, Anda juga dapat menikmati beberapa fitur tambahan untuk mengambil foto. Fitur scene mode yang dimilikinya hadir dalam 18 pilihan yaitu night potrait, soft skin, scenery, panorama, sports, night potrait, baby 1, baby 2, food, HDR, handheld nightshot, night scenery, pet, sunset, high sens, glass though underwater, dan high speed video. Sedangkan fitur kreatifnya hanya tersedia dalam pilihan retro, hkey, Lkey, sepia,mono, high dynamic, toy effect, minature, soft focus, dan expressive.

Efek miniatur:

7677570856 dd38613164 z Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Selain fitur-fitur di atas, tersedia juga mode pengambilan iA (intelligent Auto) yang ada di seluruh jajaran kamera Panasonic untuk memudahkan pemotretan, mode memotret P,S,A,M, modul GPS untuk memberikan info pengambilan foto dan fitur rekam video pada kualitas Full HD 1080p, serta pengambilan foto secara 3D yang hasilnya dapat ditampilkan pada layar TV 3D.


Performa

Panasonic Lumix DMC-TZ30 dilengkapi pilihan ISO mulaai dari ISO 100 hingga ISO 3200. Pada pengaturan ISO 100 hingga 1600, kamera ini masih dapat menghasilkan foto yang tajam dengan akurasi warna yang cukup akurat, walau mulai terlihat adanya noise mulai pada saat ISO 400. Dan di ISO 1600 dan 3200, kualitas foto sudah mulai terlihat menurun dengan ketajaman yang berkurang dan noise yang semakin kentara di foto.

ISO 3200
7677254686 fd759813a0 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Penggunaan sensor terbarunya ini juga menawarkan kecepatan fokus yang cepat. Pada saat pengujian, kemampuan fokus dari kamera ini memang layak mendapat pujian. Baik menggunakan manual fokus dengan sistem sentuhan di layarnya atau dengan autofokus, kamera ini dapat menentukan fokus dengan sangat cepat.

Kolaborasi sensor dan lensa Leica yang dimilikinya cukup harmonis untuk menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang akurat tapi terlihat natural. Saat memotret jarak jauh dengan memanfaatkan optical zoom hingga maksimal, kamera ini masih dapat menampilkan detil-detil objek dengan cukup jelas sambil menjaga kualitas ketajaman serta akurasi warnanya. Namun sayangnya hal tersebut hanya berlaku pada kondisi pencahayaan yang ideal.

Perhatikan subjek pada kotak merah
7677675010 ba9e298ed1 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Pada posisi lensa zoom maksimal
7677682070 6106518b64 Review Panasonic Lumix DMC TZ30 review kamera saku 5 foto video

Hasil foto dari Panasonic Lumix DMC-TZ30 dapat Anda lihat di sini.


Kesimpulan

Secara keseluruhan peningkatan Panasonic Lumix DMC-TZ30 dari versi lawasnya, Lumix DMC-TZ20, terlihat cukup signifikan. Meski hasil fotonya kadang masih terlihat noise di beberapa kondisi pencahayaan, namun hal tersebut terbayar dengan kemampuan fokus yang sangat cepat, jangkauan lensa yang cukup panjang, fitur rekam video pada format Full HD 1080p dan fitur GPS sebagai pelengkap.

Dengan banderol harga sekitar Rp 3.850.000, Panasonic Lumix DMC-TZ30 termasuk kamera saku yang cukup premium. Namun harga ini tidak berbeda jauh dengan kamera saku merek lain yang mengusung konsep serupa. Bagi Anda yang gemar jalan-jalan dan ingin memotret banyak hal, tapi tidak ingin dibebani membawa kamera yang terlalu berat dan menyita tempat, Lumix TZ30 dapat menjadi solusinya.

Kelebihan
+ fokus sangat cepat
+ hasil foto tajam dan warna natural pada pencahayaan yang cukup
+ Zoom panjang
+ Body mungil
+ Touch fokus pada layar sentuhnya mempermudah pengambilan gambar
+ GPS

Kekurangan
- harga relatif mahal
- Noise masih terlihat pada beberapa kondisi pemotretan