Di dalam dunia notebook, seri ThinkPad sudah diakui banyak orang sebagai salah satu notebook tertangguh di dunia. Untuk memiliknya tentu perlu mengeluarkan uang lebih dibandingkan dengan notebook mainstream biasa. Tapi baru-baru ini Lenovo mengeluarkan seri ThinkPad X131e yang ditujukan untuk para pelajar – tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebagai seri ThinkPad, X131e ini didesain dengan rancangan bodi tangguh berstandar militer yang memang sudah menjadi ciri khas seri tersebut. Engsel layar X131e telah diperkuat hingga tahan sampai 50,000 kali buka tutup. Bracket engsel tersebut terbuat dari bahan stainless steel yang mengalihkan tekanan ke bagian covernya agar sistem tetap aman. Layout keyboardnya juga dibuat cukup berdekatan untuk mencegah objek seperti pensil untuk masuk dan merusak keyboard. X131e juga dillengkapi sebuah fan yang diklaim tidak akan kotor karena debu yang menempel. Kabel AC Adapter-nya pun diperkuat agar lebih tahan digunakan berkali-kali. Terakhir, Lenovo meningkatkan daya serap getaran pada HDD X131e agar data-data lebih terlindungi dari benturan.

Notebook mini ini memiliki layar 11,6 inci dengan berat 1.78kg, membuatnya cukup ringkas di bawa dalam tas sekolah. Selain itu untuk menunjang kegiatan sekolah mulai dari mengetik, mengedit gambar maupun video serta membuat presentasi, Lenovo menawarkan pilihan model dengan berbagai prosesor. Para pengguna dapat memilih X131e yang ditenagai prosesor dual core AMD E-300 dan E2-1800 APU dengan grafis AMD Radeon, ataupun prosesor Intel Core i3-2367M dan Intel Celeron 877 dengan grafis Intel HD Graphics. Dikatakan juga baterainya mampu memberi tenaga kepada X131e selama 8,5 jam. Tidak lupa, Lenovo juga menyematkan fitur Dolby Advanced Audio untuk kualitas suara yang kaya dan berkualitas.

Melengkapinya sebagai mesin edukasi yang lengkap, Lenovo juga menawarkan seri X131e ini dengan Intel Learning Series Software Suite. Software khusus edukasi hasil kerjasama antara Lenovo dan Intel ini menyuguhkan berbagai tools eLearning yang user-friendly untuk digunakan siapa saja di belahan dunia manapun. Satu lagi fitur yang menarik terletak pada indikator LED di bagian cover notebook yang akan memberi tahu sang guru jika muridnya sedang mengakses Wi-Fi pada saat jam belajar.

Lenovo ThinkPad X131e ini rencananya akan dilepas dengan harga mulai dari US$499 tergantung dari konfigurasinya.