Tips: Mencari Informasi di Google dengan Tulisan Tangan

Memasukkan teks saat mencari informasi di Google dengan keyboard virtual smartphone Android atau iPhone kadang merepotkan. Posisi keyboard yang berada di bawah kadang terasa kurang nyaman bagi sebagian pengguna. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak semua orang hafal posisi abjad di keyboard. Lalu apakah ada solusi lain untuk memasukkan teks?

Google memperkenalkan Handwrite, cara baru untuk berinteraksi dengan mesin pencari Google. Sesuai namanya, Handwrite akan mengenali tulisan tangan Anda yang dapat ditorehkan di bagian layar mana pun saat membuka google.com.

Cara mengaktifkannya cukup sederhana.

1. Buka laman google.com dan pilih Settings di bagian bawah laman Google tersebut. Anda juga bisa mengakses Settings dengan mengunjungi lama google.com/preferences.
2. Begitu masuk ke dalam Settings, cari bagian Handwrite, pilih Enable dan tekan Save.

Untuk menggunakannya, juga mudah.

1. Tekan icon Handwrite di bagian pojok kanan di layar perangkat Anda untuk mengaktifkan Handwrite.
2. Gunakan jari atau stylus untuk menulis kata kunci yang ingin dimasukkan. Jika sudah mentok di kanan atau kiri layar, Anda dapat meneruskan menulis di bawah tulisan sebelumnya.
3. Saat menulis, teks tulisan tangan tersebut akan diubah menjadi tulisan di kotak search. Untuk menambah spasi, tekan tombol Space di bagian bawah. Begitu juga menghapus huruf dapat dilakukan dengan tombol backspace di sebelah tombol Space.
4. Untuk mempercepat pencarian, Anda juga bisa menekan salah satu hasil pencarian yang dianjurkan Google.
5. Tekan ikon search untuk melakukan pencarian dari kata kunci tersebut.

Perlu dicatat; Handwrite mendukung ponsel Android dengan sistem operasi GingerBread 2.3 ke atas, perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod Touch) dengan iOS 5 ke atas, serta tablet Android versi 4.0 ke atas. Handwrite juga mendukung lebih dari 27 bahasa, termasuk tulisan Kanji. Selamat mencoba!!

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.