Kami bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi menyaksikan siaran langsung maupun highlight dari TV kabel berbagai cabang Olimpiade London 2012 yang saat ini sedang berlangsung. Meski Indonesia mengirimkan atlet-atlet terbaiknya hanya untuk beberapa cabang saja, hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan kami menyaksikan acara olah raga antarnegara terbesar di dunia.

Sebagai “Official Wireless Partner” Olimpiade London 2012, Samsung mendekatkan Anda khususnya pengguna Android, untuk “berada lebih dekat” dengan perhelatan akbar tersebut. Berbagai game dengan tampilan 3D dan berbasis Augmented Reality atau AR, bisa Anda mainkan baik sendiri maupun mengajak teman-teman Anda via Facebook. Selain itu, terdapat juga pertanyaan trivia yang bisa Anda jawab untuk menambah pengetahuan Anda seputar Olimpiade.

Saat kami mengunduhnya dari Play Store, terdapat notifikasi bahwa aplikasi yang akan diunduh berukuran besar, tepatnya 104MB, sehingga penggunaan Wi-Fi sangat dianjurkan. Setelah terinstal dan jalankan aplikasi, akan ada pilihan sign in dengan akun Facebook atau bermain lokal saja. Dengan melakukan sign in, Anda bisa mengajak teman-teman Anda di Facebook untuk bertanding 4 game Olimpiade yang tersedia.

Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan jika melakukan login adalah foto profil Anda di Facebook akan ‘nongol’ menjadi avatar di Samsung Take Part 2012. Kemudian, Anda dapat memilih negara yang ingin Anda bela sehingga momen bertanding Anda akan lebih emosional; apalagi jika melawan kerabat Anda yang berasal dari negara berbeda. Keempat game yang dapat dimainkan adalah 100m Sprint, 100m Hurdles, Shooting dan 100m Freestyle (renang).

Sebelum bertanding, Anda bisa melihat-lihat venue pertandingan secara 360 derajat, baik vertikal maupun horizontal, layaknya menggunakan Google Street View. Sayangnya, tampilan yang Anda dapatkan bukan foto asli lokasi, melainkan dalam bentuk grafik yang diambil dari game itu sendiri.

Sementara itu khusus game berbasis AR, tersedia dua opsi yakni Penalties dan Archery atau memanah. Awalnya kami kira, logo AR tersebut hanya bisa ditemukan di sekitar area pertandingan di London saja. Namun ternyata tidak. Samsung memberikan opsi cerdas yakni “Email me” di mana Anda bisa mengirim surel ke alamat Anda sendiri yang secara otomatis tersisipkan image AR. Anda hanya perlu mencetak gambar tersebut dan meletakkan atau menempelkannya di bidang datar, aktifkan game AR, arahkan kamera ke gambar yang telah dicetak tadi, dan mainkan!

Anda bisa melihat statistik perolehan medali secara global maupun individual dari game-game yang telah Anda mainkan. Meski didominasi oleh game, namun Samsung juga menghadirkan fitur berita terkini dari arena Olimpiade yang akan membuat Anda selalu up-to-date. Jika Anda berkesempatan terbang langsung ke Inggris, kenali negeri kerajaan itu lebih jauh lagi lewat fitur Learn About Britain.

Yang terakhir adalah fitur khusus agar Anda mengenal lebih jauh Samsung GALAXY S III, yang merupakan produk unggulan Samsung hingga saat ini dan menjadi Samsung Olympic Games Phone. Mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki termasuk menyaksikan TVC GALAXY S III via YouTube telah disediakan. Yang menarik, meski aplikasi ini dikembangkan oleh Samsung, namun perangkat Android lain juga bisa mengunduhnya loh! Seperti saat kami mencobanya di HTC Evo 3D.

Silakan download Samsung Take Part 2012 secara gratis, dan saksikan pula video berikut ini agar Anda makin penasaran.