Dimulai dari sebuah mesin pencari di dunia maya, OS Android yang populer hingga berhasil merilis serangkaian produk canggih dan inovatif, Google tidak berhenti sampai disitu saja. Mengambil tempat di Kansas City, Amerika Serikat, Google secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yaitu Google Fiber.

Google Fiber adalah proyek layanan koneksi broadband Internet yang dibangun oleh Google dengan mengandalkan kabel serat optik. Kecepatan yang ditawarkan Google Fiber juga tidak main-main. Google mengklaim layanan Internet mereka ini dapat menyajikan kecepatan upload dan download mencapai 1Gb/detik, yang artinya lebih cepat 100 kali lipat dari kecepatan rata-rata Internet di Amerika Serikat saat ini.

Bersamaan dengan dirilisnya layanan Google Fiber, Google juga memperkenalkan layanan siaran TV berlangganan lewat koneksi internet yang bernama Google Fiber TV. Lalu apa bedanya Google Fiber TV dengan Google TV yang sebelumnya pernah dirilis?

Meski secara fungsi keduanya sama yaitu untuk menonton TV dan dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya lewat koneksi internet. Google Fiber TV menawarkan sesuatu yang berbeda.

Pertama dari segi koneksi. Google Fiber TV dijamin akan memberikan kualitas streaming yang jauh lebih cepat dari kecepatan internet broadband biasa karena mengandalkan koneksi Google Fiber. Ini artinya, dengan Google Fiber TV Anda dapat menikmati streaming acara TV pada kualitas HD tanpa harus merogoh kocek ekstra seperti layanan TV berlangganan yang lain.

Kedua dari segi perangkat. Untuk layanan paket terlengkap TV+Internet, Google Fiber TV hadir dengan layanan komputasi awan Google Drive sebesar 1TB, sebuah perangkat TV Box, Network box dan Storage box untuk menyimpan file-file multimedia lengkap dengan fitur DVR untuk merekam siaran TV favorit.

Agar dapat saling terhubung dengan perangkat digital lain seperti tablet PC atau smartphone, Google juga merilis aplikasi iOS dan Android untuk menunjang kinerja perangkat ini. Tablet teranyar dari Google, Google Nexus 7, merupakan salah satu perangkat yang telah siap mendukung Google Fiber TV secara optimal.

Lewat dukungan aplikasi yang dimilikinya, Anda dapat menggunakan Google Nexus 7 sebagai remote control untuk memilih siaran TV, atau melakukan pencarian pada Google lewat input suara dan teks, misalnya. Selain itu, Google Fiber TV juga menawarkan sistem integrasi yang dapat langsung terhubung ke jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter dan YouTube.

Google Fiber TV saat ini terbatas disediakan untuk kawasan Arkansas, Amerika Serikat, dan tersedia dalam 3 pilihan paket. Untuk layanan paket Internet berkecepatan 1Gbps, Google memasang tarif US$ 70 per bulan dengan gratis biaya pemasangan. Sedangkan untuk paket layanan TV+Internet, Anda dapat menikmatinya dengan merogoh kocek US$ 120 per bulan ditambah dengan bonus tablet Google Nexus 7 dan gratis biaya pemasangan. Untuk paket Free Internet, pengguna tidak perlu membayar sepeser pun untuk berlangganan! Namun kecepatan internet yang akan didapatkan hanya 5Mbps dan pengguna harus membayar biaya pemasangan sebesar US$ 300 di muka. Informasi lengkapnya bisa didapatkan di sini. Untuk di Indonesia? Sepertinya masih jauh dari kenyataan.