Galaxy W, ACE2 dan ACE Duos: Senjata Samsung di Pasar Android Kelas Menengah

Menurut riset pasar yang dilakukan lembaga riset Gartner di tahun 2012, tren yang berlaku sekarang dan masa depan menunjukkan bahwa smartphone di kelas menengah atau yang bertengger di sekitar USD300 atau 2-3 juta rupiah akan mendominasi penetrasi pasar dengan gencar.

Pada kesempatan tatap muka dengan petinggi Samsung, 27 Juli 2012 kemarin, juga disebutkan bahwa ponsel di kelas harga Rp 1.999.000 sampai Rp 3.999.999 memberikan kontribusi yang mencapai 25% dari sisi value. Inilah salah satu hal yang memicu Samsung untuk terus menggarap pasar smartphone kelas menengah dengan mengeluarkan produk terbarunya yang inovatif.


Untuk pertengahan tahun ini, Samsung mengandalkan seri GALAXY W, Ace2 dan Ace Duos guna menguasai pasar smartphone Android kelas menengah. Untuk Galaxy W, walaupun sudah lama dikeluarkan, ternyata masih diminati konsumen. Bahkan GALAXY W merupakan smartphone kelas menengah Samsung dengan penjualan terbaik. Konsumen kini bisa mendapatkannya di kisaran Rp 2.699.000 atau turun sekitar 300 ribu rupiah dibandingkan saat pertama diperkenalkan. Untuk spesifikasinya sendiri, Galaxy W cukup oke. Berbekal prosesor single-core 1,4Ghz, layar 3,7 inci WVGA (400×800 pixel), kamera 5 megapixel dengan flash LED, HSDPA, Wi-Fi, A-GPS, Galaxy W ternyata berhasil menarik minat konsumen di kelasnya.


Sekitar seminggu yang lalu, Samsung juga telah memperkenalkan secara resmi dua smartphone kelas menengah terbarunya yaitu Ace2 dan Ace Duos. YANGCANGGIH.COM juga sudah membagikan pengalaman mencoba Galaxy Ace2 dan Ace Duos.


Lalu produk mana yang layak dipilih? Jika tidak membutuhkan fitur dua SIM card di ACE Duos, saya merekomendasikan ACE2 yang dijual di harga Rp 2.999.000. Kenapa? Teknologi layar PLS yang digunakan ACE2 membuatnya memiliki tampilan layar terbaik dibandingkan dua temannya di sini. Ditambah performa yang cepat dan dukungan upgrade ke Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich, Samsung Galaxy ACE2 tampaknya siap merajai pasar Android segmen menengah.

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.