[Tips] Menghemat Baterai Samsung GALAXY Tab 2

Sebenarnya masalah baterai merupakan hal klasik yang biasa kita temukan pada perangkat smarphone atau tablet Android. Tapi seperti biasanya, hal ini bukan tak dapat diakali. Begitu juga dengan Samsung GALAXY Tab 2. Dengan layar lebar yang tajam, Anda bisa jadi akan kepincut untuk terus menerus berinteraksi dengan tablet kesayangan, sehingga harus sering melakukan isi ulang baterai cukup sering pula. Nah, apa saja yang yang bisa kita lakukan untuk menghematnya?

Mengatur WLAN
WLAN atau yang lebih dikenal dengan Wi-Fi, merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan tablet Anda sering kehabisan daya dengan cepat. Pergi ke Pengaturan, pilih Wi-Fi, lalu sentuh ikon 3 baris di pojok kanan atas, dan pilih Tingkat lanjut (Advanced).

Masuk ke opsi Tetap Aktifkan Wi-Fi saat tidur dan Anda akan dihadapkan pada 3 opsi penggunaan WiFi: Selalu, Hanya ketika tersambung dan Jangan pernah. Pilihan yang pertama cocok jika Anda tidak berlangganan konektivitas internet pada jaringan seluler atau sedang mendownload game, namun akibatnya baterai akan cepat terkuras. Pilihan kedua akan mengatur WiFi hanya aktif ketika Anda sedang terhubung ke hotspot.

Sementara pilihan yang terakhir akan mematikan Wi-Fi dan menghemat baterai Anda – namun menghabiskan “jatah” data seluler yang Anda miliki. Kalau mau sedikit repot, Anda harus rajin mengaktifkan WiFi ketika hendak digunakan dan menonaktifkannya kembali dengan menyentuh panel atur cepat yang selalu tersedia di kanan bawah layar.

Mengatur GPS
Masih di bagian pengaturan, pilih bagian lokasi dan nonaktifkan opsi Use GPS Satellites. Pencarian sinyal GPS secara terus menerus akan memakan banyak energi baterai tablet. Opsi ini hanya benar-benar berguna saat Anda berada di luar ruangan, dan ingin menggunakan Google Maps. Nonaktifkan pula opsi Gunakan jaringan nirkabel di pengaturan lokasi. Selain itu, di bagian panel kontrol cepat bawah kanan layar, nonaktifkan juga GPS saat tidak digunakan.

Sinkronisasi
Bagi Anda yang menggunakan tablet hanya untuk membaca buku atau browsing mencari berita, sinkronisasi otomatis dapat dinonaktifkan untuk mengurangi pemakaian data. Di menu Pengaturan, pilih Akun dan Sinkronisasi lalu nonaktifkan Auto Sync.

Multitasking
Anda tak selalu membutuhkan proses multitasking. Jika begitu, sebaiknya dinonaktifkan saja agar menghemat daya. Caranya, masih di Pengaturan, pilih Opsi Pengembang dan nonaktifkan Do not Keep Activities, sehingga ketika Anda keluar dari suatu aplikasi, ia tidak akan tetap berjalan di belakang.

Kecerahan Layar
Terakhir, sesuaikan tingkat kecerahan layar yang Anda gunakan. Opsi otomatis adalah ide bagus, namun jika ingin lebih hemat, gunakan saja tingkat kecerahan paling rendah. Jika merasa kurang nyaman, gerakkan kursor ke kiri dan kanan hingga Anda merasa “pas” ketika memandang layar. Kursor tersebut juga dapat dengan mudah Anda temukan di panel kontrol cepat yang ada di informasi jam.

Sebenarnya, Anda pengguna GALAXY Tab versi sebelumnya maupun device Android pada umumnya, juga dapat mencoba mengaplikasikan tips-tips di atas. Semoga, baterai Anda bisa lebih awet ketika digunakan sehari-hari.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.

One Response