Samsung GALAXY Tab 2 yang baru tidak hanya punya kelebihan dalam hal menjalankan berbagai aplikasi mulai dari game sampai edukasi, tapi juga jago dalam hal multimedia. Salah satunya adalah memutar film. Tapi bagaimana solusi terbaiknya jika film yang ingin Anda tonton di Samsung GALAXY Tab 2 masih dalam bentuk kepingan DVD? Berikut cara mudah dan sederhana untuk memasukkan film DVD ke dalam Samsung GALAXY Tab 2, tanpa perlu mengubah formatnya sehingga proses pemindahan dapat dilakukan lebih cepat.

Seperti yang diulas di artikel review sebelumnya, Samsung GALAXY Tab 2 memiliki layar yang tajam dan ideal untuk digunakan menonton video, bahkan selama berjam-jam sekalipun. Apalagi didukung dengan bobotnya yang relatif ringan, tangan tidak akan cepat lelah jika memegangnya. Keasyikan semakin bertambah jika Anda pengguna Samsung GALAXY Tab 2 versi 10.1 inci yang memiliki layar berukuran lebih luas. Tak berlebihan, mengingat tablet ini juga handal dalam memutar video dengan resolusi Full HD 1080p.

Berikut 5 langkah mudahnya:
1. Siapkan DVD film atau apa saja yang ingin Anda pindahkan ke Samsung GALAXY Tab 2, lalu masukkan ke dalam drive DVD di PC.
2. Hubungkan Samsung GALAXY Tab 2 dengan PC tersebut menggunakan kabel USB.
3. Setelah terhubung, salin file berformat VOB dan BUP yang ada di DVD ke dalam kartu memori di Samsung GALAXY Tab 2. Direkomendasikan untuk meletakkan kedua file tersebut di folder yang sama. Ingat pula lokasi Anda meletakkan kedua berkas tersebut agar nanti mudah menemukannya di tablet.
4. Buka aplikasi ES Explorer di Samsung GALAXY Tab 2 dan cari file yang baru Anda salin tadi. Untuk file video DVD (.vob), akan dapat diputar dengan baik menggunakan aplikasi MX Video Player. Aplikasi MX Video Player ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Namun untuk file teks, sistem hanya mengenali format SRT. Maka dari itu,
5. ganti format BUP menjadi SRT agar dapat terbaca.

Contohnya, Anda memasukkan film ACROSS THE UNIVERSE.vob ke Samsung GALAXY Tab 2 beserta teks-nya yang berformat asli Across The Universe.bup. Berkas teks tadi tinggal Anda ganti namanya menjadi Across The Universe.srt, namun pastikan nama berkas teks sama dengan nama file video (dalam hal ini Across The Universe) serta berada dalam folder yang sama dengan ACROSS THE UNIVERSE.vob.

Ketika ingin menonton, buka MX Video Player lalu pilih film Anda di folder tadi. Setelah video dimainkan, sentuh ikon di pojok kanan atas player, pilih Subtitle dan pilih Panel. Akan keluar pilihan folder di bawahnya, tinggal pilih saja Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang diinginkan.

Semua proses di atas tidak membutuhkan waktu yang lama kok, karena Samsung GALAXY Tab 2 sangat responsif dalam menerjemahkan perintah dan dalam mentransfer file. Jadi, siapkan koleksi DVD favorit Anda, dan bawa ke manapun bersama Samsung GALAXY Tab 2!