Canon EOS-M: Kamera Mirrorless Pertama dari Canon

Setelah sekian lama dinantikan dan menjadi rumor yang berkepanjangan, akhirnya Canon secara resmi mengumumkan kehadiran Compact System Camera(CSC) pertamanya yang diberi nama Canon EOS-M. Kamera mirrorless (tanpa cermin) ini mengusung mount lensa baru, EF-M.

Seperti CSC lainnya, Canon EOS-M hadir dengan ukuran yang hanya sedikit lebih besar dari kamera saku kebanyakan. Untuk menjaga ukurannya, Canon tidak memasukkan lubang intip (viewfinder) dan flash internal. Sebagai gantinya, tersedia layar sentuh LCD kapasitif berukuran 3 inci yang mengusung teknologi Clear view LCD II dan hot shoe untuk menyematkan flash eksternal.

Untuk kinerja, Canon menghadirkan Canon EOS-M dengan spesifikasi yang serupa dengan kamera DSLR Canon EOS 650D. Sensor APS-C Hybrid CMOS beresolusi 18 megapixel dengan dukungan prosesor Canon DIGIC 5 menjadi andalannya untuk menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas. Sistem autofokus Hybrid CMOS AF dari 650D juga digunakan di sini. Anda bisa memilih autofokus 31 titik otomatis, face detection/tracking dan AF satu titik biasa. Kecepatan yang dimilikinya juga lumayan. EOS-M memiliki kecepatan jepret tanpa henti (continuous shooting) maksimum 4,3 foto per detik.

Tidak hanya itu saja, Canon EOS-M juga dilengkapi dengan fitur-fitur Canon terbaru yang sama seperti kamera DSLR Canon terbaru, EOS 650D. Seperti misalnya Handheld Night Scene, HDR Backlight Control, dan Multi Shot Noise Reduction untuk menekan noise yang mengganggu saat pemotretan dalam kondisi minim cahaya.

Fitur video juga hadir di sini. Anda dapat menggunakannya untuk merekam video berkualitas Full HD dengan suara stereo. Dan bagi Anda yang gemar bereksplorasi dengan pengambilan foto, Canon EOS-M juga telah dilengkapi dengan fitur kreatif seperti Toy Camera Effect, Grainy B&W, dan Fish Eye. Untuk daya tahan baterai, Canon mengklaim EOS-M mampu bertahan sampai 230 foto sebelum harus diisi ulang.

Bersamaan dengan dirilisnya Canon EOS-M, Canon juga menghadirkan lensa dan aksesoris pelengkapnya. Ada dua buah lensa baru untuk EOS-M yaitu Canon EF-M 22mm f/2 STM pancake dan Canon EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, flash Canon Speedlite 90EX dan lensa adapter EF-EOS M agar Anda dapat menggunakan lensa EF dan EF-S di kamera ini.

Canon EOS-M hadir dalam 4 pilihan warna yang trendi seperti hitam, putih, merah dan silver. Dengan spesifikasi dan kesamaan sejumlah fitur yang dimilikinya, Canon EOS-M bisa dikatakan seperti adik Canon EOS 650D tanpa cermin. Canon membanderolnya dengan harga US$799.99 dengan lensa 22mm dan baru tersedia di bulan Oktober 2012. Untuk lensa Canon EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM dibanderol dengan harga US$ 299, Canon Speedlite 90EX US$ 149 dan lensa adapter EF-EOS M seharga US$ 199.


Sekilas fitur Canon EOS-M:

– Mount : EF-M lens mount
– Sensor: 18 megapixel APS-C Hybrid CMOS
– Continuous autofocus saat merekam video dengan subject tracking
– 14-bit DIGIC5 processor
– ISO 100-12800 standard, dapat diekspansi hingga ISO 25600
– 4.3 fps continuous shooting, 3 fps dengan autofocus tracking
– Kualitas video: 1080p30 dengan stereo
– Soket mikrofon eksternal dengan opsi pengaturan level suara
– 1040k dot 3:2 touch-sensitive ClearView II LCD (kapasitif dan multi-touch)
– Standard EOS hot-shoe untuk flash eksternal
– Pengendalian pemrosesan gambar, Creative Filters, yang dapat langsung dilihat di layar

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.

One Response