Review LG ND4520 Audio Dock

Saat ini memilih speaker dock untuk perangkat iOS memang sangat mudah. Di pasaran tersedia beragam iPod dock yang dapat disesuaikan dengan kondisi kocek Anda. Pilihan tersebut tersedia dari brand Audio premium sekelas Bowers&Wilkins hingga yang relatif terjangkau seperti speaker dock dari LG yang akan kami review berikut, LG ND4520.

Konsep dan Desain

Produsen asal negeri ginseng ini menghadirkan LG ND4520 dengan desain yang cantik dan modern. Paduan warna hitam dan putih cukup netral untuk menghiasi ruang tamu atau ruang kerja yang berkonsep art deco atau minimalis modern. Desain melebarnya terlihat mirip seperti sound bar pendek, yang bedanya telah memuat dock untuk perangkat iOS mulai dari iPhone, iPod sampai iPad yang berukuran besar.

Untuk menjaga tampilannya agar tetap minimalis, LG tidak menyertakan layar LCD yang sebenarnya sangat berguna untuk menampilkan info lagu dan mempermudah navigasi. Sedangkan untuk tombol-tombol navigasinya, hanya tersedia 3 buah tombol yang tersusun rapih pada bagian kanan yang terdiri dari tombol power, volume dan tombol fuction untuk berpindah mode. Pengaturan ini memang terasa minim, tapi ternyata LG telah menyediakan solusi lain yang kami jelaskan di bagian Fitur.

Satu hal yang cukup menarik dari speaker dock ini yaitu tersedianya slot baterai. Ya, Anda dapat memilih mengalirinya langsung dengan arus listrik lewat colokan listrik atau jika sedang bermobilitas dapat mengandalkan 6 buah baterai AA untuk memberikan asupan tenaga listrik.

Fitur

Saya cukup terkesan dengan kemudahannya terhubung dengan perangkat lain. Untuk menggunakannya dengan perangkat iOS, Anda tinggal langsung menancapkannya pada dock yang tersedia. Atau Anda juga dapat menghubungkan berbagai perangkat mulai dari smartphone sampai tablet PC menggunakan koneksi Bluetooh yang dimilikinya. Proses pairing dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Tidak punya gadget pemutar musik? Anda juga bisa memutar musik yang tersimpan di flashdisk melalui port USB miliknya.

Tampilan menu aplikasi LG Bluetooth Remote yang menampilkan opsi-opsi navigasi dan akses fitur tambahan

Fitur lain yang ditawarkan oleh LG adalah dukungan aplikasi yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Lewat aplikasi ini, Anda dapat menjadikan iPod, iPhone iPad serta smartphone dan tablet PC berbasis Android sebagai remote.

Saya mencobanya untuk perangkat Android dan mengunduh aplikasi bernama LG Bluetooth Remote yang tersedia secara gratis di Google Play. Dan ternyata di sinilah kelebihan dari speaker dock besutan LG ini. Lewat smartphone Android sebagai remote, saya dapat mengendalikan speaker dock ini dengan leluasa dibandingkan dengan remote bawaannya. Ada beberapa opsi pengaturan yang hanya dapat diakses melalui aplikasi Android. Misalnya, preset sound effect ternyata tidak muncul di remote bawaannya, tapi hanya di LG Bluetooth Remote.

Remote yang cukup membantu untuk navigasi tapi tidak disertai opsi menu seperti aplikasi Android

Selain itu saya juga dapat menikmati fitur-fitur tambahan miliknya seperti melihat playlist lagu-lagu yang sangat berguna jika sedang mendengarkan lagu lewat port USB, berpindah mode hanya lewat sentuhan jari, dan menikmati sejumlah preset sound effect (Normal, POP, Classic, Rock, Jazz) yang terbukti meningkatkan performa suaranya.


Performa

Di bagian dalam, LG menyematkan dua buah driver berkekuatan 10 watt untuk mendongkrak performa suara dari perangkat iOS atau smartphone Anda. Hasil suara yang dihasilkan tergolong cukup baik untuk segala jenis musik dengan komposisi bass dan treble yang seimbang. Untuk volume, cukup keras saat digunakan memenuhi ruangan yang berukuran sedang seperti kamar tidur.

Bagi Anda yang gemar menikmati musik dengan dentuman bass yang kencang, audio dock ini mungkin kurang menghantam. Pasalnya, gebukan bass yang dihasilkan tergolong biasa saja. Tapi sebaliknya, jika Anda gemar mendengarkan lagu-lagu bergenre pop, rock, jazz atau akustik, audio dock ini masih dapat diandalkan dengan kualitas mid dan treble yang nyaman di telinga. Dan dengan tersedianya opsi preset EQ yang tersedia, Anda juga dapat merasakan performa suara yang lebih baik meski sebenarnya akan lebih lengkap jika hadir opsi EQ custom yang dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan pengguna.


Kesimpulan

Desain modern dan minimalis, ditambah konektivitas yang lengkap dan tidak hanya untuk perangkat buatan Apple saja membuat perangkat ini sempurna untuk ditaruh di samping ranjang atau ruang kerja Anda. Hasil suara yang ditawarkan memang tidak istimewa, namun hal tersebut terbantu dengan opsi EQ preset yang tersedia. Bahkan LG ND4520 juga dapat dibawa bepergian, mengingat dock ini juga dapat menggunakan baterai AA sebagai sumber dayanya. Ditunjang banderol harga yang relatif terjangkau (sekitar Rp 1.350.000), LG ND4520 layak dipertimbangkan untuk dipilih sebagai dock audio di rumah atau kantor Anda.

Kelebihan:
+ Konektivitas Lengkap
+ Dukungan aplikasi untuk iOS dan Android sangat efektif untuk menjadikan perangkat iOS dan Android sebagai alat navigasi dan mengakses fitur tambahan
+ harga terjangkau
+ Kualitas suara cukup baik
+ Opsi penggunaan baterai AA sangat membantu saat berpergian

Kekurangan
- Opsi preset EQ hanya tersedia pada aplikasi iOS dan Android
– Tidak tersedia layar LCD

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.