Setelah beberapa hari lalu kami menyajikan artikel Hands-on Samsung GALAXY beam, kini giliran smartphone dua kartu terbaru dari Samsung yakni GALAXY ACE Duos. Meski datang dari keluarga ACE, namun ACE Duos bukanlah penerus dari ACE pertama yang kita kenal, melainkan varian lain dengan harga jauh lebih terjangkau.

Desain ACE Duos secara sepintas mirip dengan GALAXY young, termasuk kesan “terjangkau” alias murah yang melekat. Label DUOS yang menjadi identitas dan nilai jual terpentingnya dicetak di kiri brand Samsung, dan karena itu saya langsung membuka casing belakang untuk melihat kedua slot kartu GSM/GSM di bawah baterainya. Seperti bisa Anda lihat juga, slot microSD meski terletak di dalam, namun tetap bersifat hot swap.

Sambil menunggu ACE Duos melakukan booting, saya melihat lebih lanjut aspek desain ACE Duos terutama letak-letak beberapa tombol dan port penting yang dibawanya. Setelah itu seperti biasa, saya masuk ke Pengaturan untuk mengecek versi Android yang digunakan, serta kapasitas memori yang dimiliki.

Meski masuk ke dalam kategori menengah ke bawah, Samsung telah membekali ACE Duos dengan kamera resolusi 5MP yang memiliki fungsi autofocus dan makro. Anda bisa juga ikut melihat bagaimana hasil jepretan dan rekaman videonya. Namun, meski memiliki kamera depan, resolusi yang dibawa tergolong sangat kecil.

Setelah membuka beberapa fitur seperti pesan teks, saya tak lupa menyambangi laman yangcanggih.com lewat peramban bawaan ACE Duos. Dukungan prosesor yang dimilikinya belum cukup optimal untuk merespons perintah saya dalam memperbesar-memperkecil laman secara cepat, namun cukup baik untuk smartphone sekelasnya. Sementara keyboard virtual pada layarnya terasa nyaman digunakan untuk mengetik.

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan saksikan video berikut ini. Saya memperbarui format video hands-on dengan menyertakan juga presentasi produk saat sesi media dengan dukungan picture-in-picture video, dengan harapan Anda dapat memperoleh informasi yang jauh lebih lengkap sekaligus menambah kenyamanan menonton.