[Hands-on] HP ProBook 4340s: Ivy Bridge Untuk Pelaku UKM


Selain seri EliteBook, pada peluncurannya HP juga menghadirkan seri HP ProBook HP ProBook 4440s dan ProBook 4340s yang akan mendukung produktivitas bisnis para profesional muda serta pelaku bisnis SMB.

Walau waktu sedikit terbatas, kami tetap menyempatkan diri untuk melakukan Hands-on terakhir pada ProBook 4340s. Sama seperti notebook-notebook HP yang diluncurkan hari ini, ProBook 4340s memiliki desain bodi berbahan metal yang cukup gagah dan menarik. Namun ada satu hal yang membedakan seri ProBook 4340s ini dengan jajaran notebook bisnis terbaru yang diumumkan HP kali ini. Di bagian keyboard ProBook 4340s ini tidak dilengkapi sebuah Trackpad, atau sebutannya Pointstick.

Dengan ukuran layar 13-inci, ProBook S Series terbaru ini terasa cukup ringan dan tidak terlalu besar. Seketika mencicipinya langsung, kami mendapat kesan bahwa notebook ini akan tetap nyaman untuk dibawa bepergian. Untuk melindunginya dari goresan serta menjaga eksteriornya tetap prima, HP melindunginya dengan teknologi DuraFinish. Sedangkan untuk melindunginya dari tumpahan air, terdapat lapisan film Mylar di bawah keyboardnya.

Satu hal yang menurut kami cukup menonjol pada seri ini adalah keberagaman konektivitasnya. Untuk menyambungkannya dengan perangkat display lain seperti proyektor atau monitor, ProBook 4340s ini memiliki port VGA dan HDMI. Walau terlihat boros atau mubazir, namun adanya port VGA memberikan fleksibilitas di saat perangkat display yang disambungkan tidak mempunyai HDMI. Uniknya lagi, notebook bisnis ini dilengkapi sebuah Blu-ray Drive.

Penyertaan Blu-ray Drive tersebut menegaskan tujuan HP merilis ProBook terbaru ini untuk menunjang gaya hidup profesional yang mencampurkan business with pleasure. Tersedia dalam pilihan prosesor hingga Core i7 generasi ketiga serta kartu grafis AMD Radeon HD 7570M 1GB GDDR5, 4340s menjanjikan performa tinggi untuk aktivitas bisnis maupun saat menikmati hiburan multimedia.

Penyertaan fitur multimedia tersebut menjadikan ProBook 4340s bukan sekedar notebook bisnis yang terlalu serius. Sayangnya kami belum mendapat kabar mengenai harga pasaran ProBook 4340s ini.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.