Hp elitebook 8770w 1 610x457 [Hands on] HP Elitebook 8770w Mobile Workstation: Notebook Premium Sekuat Desktop news
Beberapa waku yang lalu HP meluncurkan beberapa notebook bisnis kelas premium, dan salah satunya adalah HP Elitebook 8770w yang disebut sebagai Mobile Workstation. HP tidak sembarangan memberinya dengan sebutan tersebut, karena Workstation adalah kelas komputer yang memiliki performa sangat tinggi untuk pekerjaan grafis yang berat. Nah agar lebih jelas, simak artikel Hands-on kami di bawah ini.

Di depan panggung terdapat beberapa notebook yang dipajang, namun mata kami langsung tertuju pada si bongsor Elitebook 8770w. Dari kode serinya, Anda mungkin langsung bisa menebak berapa ukuran notebook bisnis premium ini – angka 7 yang berada di urutan kedua dari 8770 menandakan bahwa ukurannya sebesar 17,3 inci. Kesan pertama kami terhadapnya cukup sederhana: berat dan kokoh. Namun hal tersebut sangat wajar mengingat ukurannya, dan bahan metal yang menyelimuti seluruh bodinya.

Sebagai yang paling besar, HP menanamkan beragam fitur premium seperti backlit keyboard, Fingerprint Reader, Trackpad, serta spesifikasi yang solid. Untuk memastikan tidak ada hambatan saat bekerja, HP menawarkan prosesor Intel Core i7-3820QM (Quad Core) berkecepatan 2,7 GHz yang didukung RAM hingga 16GB. Sayangnya, kami tidak sempat mencari informasi mengenai kartu grafis yang dipasangkan di model ini. Tapi berdasarkan situs resmi HP, mereka menyematkan kartu grafis NVIDIA Quadro K5000M dengan memori video GDDR5 4 GB untuk konfigurasi tertingginya.

Layar 17,3 incinya terlihat sangat terang dan mampu menampilkan gambar secara tajam serta jernih. Tentu sebagai produk premium, resolusi layarnya sudah Full HD atau 1920 x 1080 pixel yang disertai teknologi DreamColor. Untuk menurunkan biayanya, HP juga menawarkan layar dengan resolusi 1600 x 900 pixel, atau 1920 x 1080 pixel tanpa DreamColor. Sedangkan untuk media penyimpanan, HP memberi pilihan untuk menambah kapasitasnya hingga 2TB.

Pada kesempatan ini, sayangnya HP tidak memamerkan model 8470w yang merupakan seri Mobile Workstation terkecil dari HP. Dengan ukuran 14 inci, serta bentuk dan fitur yang kurang lebih sama, 8470w terlihat cukup menjanjikan sebagai alat kerja yang portable. Melihat situs resminya, Mobile Workstation ini hanya menggunakan kartu grafis AMD FirePro™ M2000 dengan memori video GDDR5 1GB, serta pilihan prosesor Intel Core i7 atau i5 generasi ketiga Dual Core saja.

Mengenai harganya, HP belum dapat memberi informasi yang pasti untuk setiap modelnya, karena keberagaman konfigurasi tersebut. Namun melihat situs HP Amerika, dua seri Mobile Workstation ini dibanderol dengan harga mulai dari US$1329 untuk 8470w, dan US$1699 untuk 8770w – dan rasanya tidak akan jauh berbeda dengan harga lokal.