Nikon AF-S 800mm F/5.6 VR: Lensa Telephoto Super bagi Fotografer Profesional

Setelah beberapa waktu merilis lensa super zoom dengan jarak fokal 18-300mm, Nikon kini memuaskan para penggemar fotografi jarak jauh dengan merilis lensa Nikon AF-S 800mm F/5.6 VR.

Lensa fix telephoto dari Nikon ini memang bukan barang yang baru. Sebelumnya Nikon memang memiliki lensa berjarak fokal 800mm yaitu Nikkor 800mm f/5.6 IF-ED lens yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1986 dan berhenti diproduksi pada tahun 2005.

Melanjutkan kepopuleran lensa tersebut, di tahun 2012 ini Nikon merilis versi terbaru dari lensa 800mm F/5.6 ini namun kini dilengkapi dengan AF-S silent wave motor yang juga kompatibel dengan sistem autofokus kamera dengan format FX seperti Nikon D4 dan Nikon D1. Keunggulan lain terletak pada dimasukkan teknologi VR (Vibration Reduction) untuk mengurangi efek guncangan sehingga gambar tetap tajam. Ini fitur yang penting, mengingat jangkauan lensa yang sangat panjang. Nikon AF-S 800mm F/5.6 VR dapat digunakan pada seluruh kamera SLR Nikon dari format full frame sampai format DX. Bahkan Anda dapat memasangkannya dengan Nikon 1-series, dengan menggunakan adapter lensa.

Hingga saat ini Nikon masih merahasiakan kapan dan berapa harga jual dari lensa telephoto ini. Dikabarkan Nikon akan memajang prototipe Nikon AF-S 800mm F/5.6 VR untuk pertama kalinya pada turnamen golf Open Championship ke-14 yang berlangsung pada tanggal 19 hingga 22 Juli 2012 di Amerika. Setelah itu, lensa super zoom ini akan menampilkan diri kembali di ajang Photokina pada bulan September 2012 yang berlangsung di Cologne, Jerman. Mengingat lensa ini ditujukan bagi para profesional, dipastikan harganya akan cukup tinggi.

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.