Quantcast
Aksesoris KomputerKomputer

Seagate Luncurkan Backup Plus: Harddisk Eksternal dengan Fitur Backup Foto Jejaring Sosial

seagate back up plus

Perangkat penyimpanan pertama di dunia dengan fitur simpan otomatis serta berbagi album foto/video dari Facebook dan Flickr

Banyak dari kita sebagai pengguna Facebook dan Flickr, ditandai (tag) pada foto yang dibagikan oleh teman-teman kita. Jika foto itu menarik, tentu kita akan menyimpannya, bukan? Nah, terbayang kan jika foto-foto itu berjumlah puluhan atau bahkan ratusan, yang mendokumentasikan liburan kita, misalnya? Sementara untuk meminta copy berkasnya, belum sempat bertemu atau terlalu besar jika dikirim via email.

Seagate menyikapi hal tersebut dengan meluncurkan produk eksternal harddisk Backup Plus. Ketika pertama kali dihubungkan, Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook dan/atau Flickr Anda, segera setelah itu maka Backup Plus akan mengunduh foto-foto yang ada di album akun Anda. Rentang waktu update juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 oleh Parks Associates, ternyata kurang dari seperempat dari total jumlah pengguna yang mengikuti survei, rutin melakukan backup sistem, dan hanya 4% pengguna yang mau melakukan backup secara manual setiap harinya. Brett Sappington, direktur riset Parks Associates, merespons positif produk yang memiliki pilihan warna-warni menarik ini.

“Backup foto dan video dari Facebook adalah sebuah gagasan menarik, yang saya percaya dapat membantu para pengguna untuk menyadari betapa pentingnya mengamankan aset digital dalam rupa apapun, di mana pun. Jejaring sosial telah menjadi sebuah gudang penyimpanan untuk konten digital milik pribadi, dan banyak pengguna yang tidak mempertimbangkan kemungkinan kehilangan memori-memori yang berharga tersebut.”

Sementara survei terkini yang diajukan oleh Seagate dan diselenggarakan secara online oleh Harris Interactive dari 22 hingga 24 Mei 2012, sekitar 54% orang dewasa di Amerika Serikat berelasi dengan dan/atau mengenal secara pribadi seseorang yang pernah kehilangan datanya. Lebih dari seperempat (27%) orang dewasa di Amerika Serikat pernah kehilangan data dan sangat merasa jengkel karenanya. Sementara itu, dari hampir semua (97%) dari peserta survei yang mengaku mempunyai komputer, hanya 11% di antaranya yang selalu membuat backup data serta hanya 10% yang melakukan backup data harian.

banseng teh

BanSeng Teh, Wakil Presiden Senior dan Managing Director untuk wilayah Asia Pasifik dan Jepang, menjelaskan latar belakang hadirnya produk inovatif ini.

“Membuat salinan data seharusnya menjadi hal yang penting dalam kehidupan digital seseorang. Hampir semua materi yang penting bagi kita sekarang berbentuk digital, banyak di antaranya yang tidak bisa dibuat kembali apabila terjadi hilangnya data secara tidak sengaja atau terjadinya kegagalan sistem. Backup Plus adalah produk yang mampu meruntuhkan halangan dalam memproteksi aset-aset digital, yaitu pengamanan foto dan video yang disimpan di dalam Facebook dan jejaring sosial lainnya.”

Seagate Backup Plus Storage akan tersedia dalam kapasitas 500 GB dan 1 TB untuk drive portabel dan kapasitas 2 TB dan 3 TB untuk drive Backup Plus Desk. Sementara pilihan warna yang tersedia antara lain merah, biru, silver, dan hitam untuk form factor berukuran 2,5 inci dengan kisaran harga jual US$ 78 untuk kapasitas 500GB dan US$ 118 untuk 1TB. Sementara untuk Backup Plus Desk drive berukuran 3.5 inci ditawarkan dengan US$123 kapasitas 2TB serta US$ 174 kapasita 3TB.

Back to top button