archos carbon 97 1 Archos Carbon 97: Tablet Android 9,7 Inci Murah Meriah  tablet pc news komputer
Tablet bukanlah mainan baru bagi Archos. Tapi sayangnya, tablet-tablet mereka kurang berhasil bersaing dengan merek-merek lain. Kali ini mereka mencoba terjun kembali ke dalam kompetisi dengan mengumumkan tablet terbaru mereka, Archos Carbon 97, yang diyakini bisa menantang Nexus 7 sekalipun. Caranya? Mereka menawarkan tablet Android 4.0 9,7 inci ini dengan harga sektiar US$ 249 saja.

Tablet Archos 97 Carbon adalah salah satu produk dari lini tablet Android Ice Cream Sandwich mereka yang dinamakan Elements. Seperti namanya, tablet ini memiliki layar IPS berukuran 9,7 inci dengan resolusi 1024 x768 – ukuran dan resolusi yang sama dengan iPad generasi pertama. Desain juga menjadi perhitungan Archos saat merancang tablet terbarunya. Untuk memberikan kesan berkelas, tablet ini menggunakan bahan aluminium yang bergaya dengan ketebalan 11,4 mm dan berat hanya sekitar 618 gram saja.

Sebagai pendorong kinerjanya, Archos menyematkan sebuah prosesor ARM berkecepatan 1GHz serta RAM sebesar 1GB yang memampukannya memutar film 1080p dengan lancar. Selain itu Carbon 97 juga dilengkapi dua kamera di bagian depan dan belakangnya, port USB serta HDMI-out, memori internal berkapasitas 16GB serta sebuah slot microSD untuk menambah kapasitas. Archos juga menyertakan aplikasi Office Suite Viewer serta game World of Goo versi demo di dalam tabletnya.

Archos mengatakan bahwa Carbon 97 ini akan dipasarkan sekitar akhir bulan Juli, serta berencana untuk membuat versi 7 serta 8 incinya juga. Nah, jika banderol harga Carbon 97 sudah cukup menarik – untuk tablet sebesar 9,7 inci – kami cukup penasaran berapa banderol harga untuk dua model yang berukuran lebih kecil tersebut. Akankah Archos berhasil meraih posisi di kompetisi tablet dengan lini Elements yang murah meriah ini? Yah, kita lihat saja performa Carbon 97 terlebih dahulu.