Firefox OS: Sistem Operasi Baru Berbasis Web dari Mozilla

Saat ini Mozilla lebih dikenal berkat produk peramban atau browser “Firefox” keluarannya yang memiliki logo rubah api memeluk bumi. Nah, saat ini mereka sedang mengembangkan sebuah sistem operasi terbuka (open source) untuk perangkat mobile dengan nama Boot to Gecko – yang akhirnya dinamai ulang menjadi Firefox OS – dan direncanakan rilis tahun depan di negeri Samba, Brazil.

Mozilla mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Berbagai fungsi utama sebuah perangkat mobile, seperti telepon, pesan, kalender, pemutar media, serta aplikasi lainnya akan hadir berupa aplikasi HTML5. Ini tentunya memudahkan bagi para pengembang mengingat HTML5 sendiri merupakan standar baru untuk aplikasi web. Kemudahan pengembangan aplikasi dibarengi sifat open source Firefox OS akan membuka peluang baru bagi para pengembang di seluruh dunia.

Untuk menyukseskan sistem operasi terbarunya ini, Mozilla telah mendapatkan beberapa produsen ponsel dan operator besar. Untuk vendor, sudah ada dua merek global yang memberi dukungan dan siap memproduksi perangkat dengan muatan OS Firefox, yakni Alcatel (TCL) dan ZTE. Sedangkan untuk operator besar Deutsche Telekom (induk perusahaan T-Mobile), Etisalat (yang beroperasi di 18 negara termasuk Timur Tengah, Asia dan Afrika), Sprint di Amerika Serikat dan Telefónica di Spanyol, siap mendukung.

Dilihat dari tren produk telekomunikasi yang semakin tergantung pada Internet, sepertinya Firefox OS memiliki pendekatan yang cukup tepat. Sepertinya Mozilla akan mengincar pasar ponsel murah yang memang masih jarang disentuh sistem operasi global seperti Android dan Windows Phone. Tentunya prediksi ini tergolong cukup optimis, mengingat persaingan sistem operasi yang selalu berjalan sengit. Nantikan informasi selanjutnya di yangcanggih.com

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.