DiCAPac: Case Gadget Untuk Di Bawah Air

Liburan sekolah kali ini, atau Idul Fitri sebulan mendatang, nampaknya akan makin menyenangkan jika Anda bisa bermain dengan keluarga dan anak-anak di pantai, laut, atau sekedar kolam renang. Namun, kegiatan seperti ini biasanya jarang terdokumentasi dengan baik terutama berbagai macam keceriaan saat kita menyelam, karena kamera, handycam atau ponsel pada umumnya rentan terhadap air sehingga tidak mungkin diajak berenang. Memang sih ada juga device yang dirancang khusus untuk itu, namun biasanya harganya juga tak murah.

Nah, bagaimana kalau maksimalkan saja apa yang Anda miliki? Dengan sebuah case bawah air buatan Korea, DiCAPac, Anda bisa membawa semua gadget berkamera ke dalam air lebih dari kedalaman 10 meter yang biasanya merupakan batas terdalam underwater gadget. Tak hanya ponsel, smartphone, tablet dan kamera kamera digital, DiCAPac juga memiliki case khusus untuk berbagai tipe handycam lengkap dengan handle-nya, serta DSLR sekalipun.

DiCAPac sendiri sudah mendapatkan sertifikat IPX8 yang merupakan standar tertinggi untuk menahan berbagai “gempuran” tekanan air di kedalaman. Berikut pemeringkatan selengkapnya:

IPX-0 Tak ada perlindungan khusus.
IPX-1: Perangkat terlindung dari percikan air seperti hujan dengan curah 3-5mm untuk durasi 10 menit, dengan catatan perangkat ditempatkan dalam posisi normal alias lurus.
IPX-2: Perangkat terlindung dari percikan air hingga 4 posisi kemiringan dengan sudut 15 derajat dari normal.
IPX-3: Perangkat terlindung dari semprotan air dengan sudut hingga 60 derajat dari posisi vertikal dengan volume hingga 10 liter/menitnya dan tekanan semprotan air 80-100kN/m2 hingga 5 menit.
IPX-4: Sama seperti IPX-3 namun semprotannya dari semua arah/angle.
IPX-5: Perangkat terlindung dari semburan air dari semua arah dari pipa berdiameter 6.3mm dan limpahan air sebanyak 12.5 liter/menit serta tekanan air 30kN/m2 hingga 3 menit dari jarak 3 meter.
IPX-6: Perangkat terlindung dari gelombang besar air yang diproyeksikan dari semua sudut melalui pipa 12.5mm dengan laju aliran 100 liter/menit pada tekanan 100kN/m2 selama 3 menit dari jarak 3 meter.
IPX-7: Terlindung dari tekanan saat direndam di kedalaman 1 meter hingga 30 menit.
IPX-8: Aman untuk direndam terus menerus di dalam air.

Kami juga berkesempatan mencoba langsung DiCAPac untuk smartphone, yakni tipe WP-C1, yang bisa digunakan untuk berbagai macam ponsel hingga ukuran layar 4.5 inci. Yang menarik, kami tetap dapat mengoperasikan layar sentuh serta menelepon meski ponsel terbungkus DiCAPac. Dalam tes langsung di kolam renang, kami menggunakan HTC Evo 3D dan kamera digital tangguh Panasonic Lumix FT20 yang juga mampu merekam di bawah air. Hasilnya rekaman videonya bisa Anda lihat sendiri dalam video berikut ini.

DiCAPac dibanderol dengan harga bervariasi, tergantung tipe yang Anda butuhkan, mulai dari Rp.260 ribuan untuk iPhone hingga Rp.950 ribuan untuk DSLR. Temukan informasi lebih lanjut di laman resmi DiCAPac dan untuk pembelian, Anda bisa sambangi distributor resminya di Indonesia pada laman datangjualbeli. Sayangnya saat kami kunjungi, laman tersebut sedang maintenance. Untunglah sang distributor juga membuat “lapak” di salah satu forum dalam negeri, yang bisa Anda kunjungi di sini.

Happy “wet” holiday!

DiCAPac + SONY Xperia neo-L

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.

10 Responses

  1. doni

    Bisa buat HP apa aja? …saya pake Smartfren Andromax Z ada ngga?

  2. Friz

    Ongkos kirim ke Jogja, berdasarkan tarif JNE :

    REG Rp.13.500
    YES Rp.21.000

  3. Friz

    To Joon : Ya, ready stock dalam 6 warna : Hitam, Biru, Kuning, Hijau, Pink, Putih.

    Fast Response :

    BB Pin: 2A07E8F3
    Phone: 0896 530 88 777
    Email: dicapack@gmail.com
    Twitter: twitter.com/dicapack
    Web: dicapack.blogspot.com

  4. Friz

    Special Promo Price
    =================================================
    # Harga spesial untuk item BEST SELLER dari Dicapac:
    # Valid Price: Oktober – December 2012
    =================================================
    -WP-i10 (for Iphone, Itouch) : Rp.260.000,-
    -WP-c1 (for smartphone) : Rp.260.000,-
    -WP-One (for camera digital) : Rp.300.000,-

  5. Dion

    aksesoris yang wajib dibeli, apalagi yang suka narsis, biar bisa foto kapanpun dimanapun, kamera jd terlindungi dari air.. :D
    top deh yangcanggih.com