Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

[Konsep] IRIS Camera: Kamera Yang Dikendalikan Lewat Mata

Iris camera 1

Pernahkah Anda membayangkan mengambil foto hanya dengan mengedipkan mata saja? Memang hal ini terdengar sangat konyol dan tidak wajar tapi bukan hal mustahil untuk diwujudkan berkat kecanggihan teknologi sekarang ini. Sebagai buktinya seorang desainer wanita bernama Mimi Zou berhasil mengimplementasikan ide tersebut pada konsep kamera miliknya yang diberi nama Iris Camera.

Iris Camera sendiri mengusung teknologi biometrik yang bekerja hanya dengan mengenali bola mata dan pergerakan mata. Desain Iris cukup unik dan berbeda dengan kamera pada umumnya. Bagian depan belakangnya hanya terdiri dari elemen gelas kaca yang berfungsi sebagai “jendela” untuk melihat dan membidik gambar. Untuk konektivitas, kamera ini hanya dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk terhubung ke jaringan dan mempercepat kegiatan berbagi foto antar pengguna lewat jejaring sosial atau dapat disimpan di kartu memori SD.

Menggunakan Iris Camera tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu menempatkan Iris Camera persis di depan mata, mirip seperti teropong. Iris Camera akan membaca pergerakan mata Anda untuk mengidentifikasi perintah tertentu. Untuk zoom in atau zoom out, misalnya, Anda cukup menyempitkan atau melebarkan mata saja, sedangkan dengan mengedipkan mata sebanyak dua kali maka kamera ini akan mengambil foto.

Berkat teknologi biometrik yang diusungnya pengguna dapat menyimpan profil pengaturan pengambilan foto yang telah dibuat sebelumnya. Pengaturan tersebut mencakup ISO, diafragma dan tampilan layar yang akan selalu digunakan ketika bola mata pengguna dikenali oleh Iris Camera.

Ketika kamera diarahkan ke subjek kamera secara otomatis akan segera mengenali subjek dan memberikan informasi mengenai subjek seperti misalnya menginformasikan nama tempat, atau akun facebook milik subjek. Namun untuk menikmati fitur ini sebelumnya antara pengguna dan subjek terlebih dahulu harus mendaftarkan informasi biometrik miliknya ke dalam kamera.

Saat ini Iris Camera memang masih dalam tahap pengembangan dan baru berupa prototype. Namun ide canggih dibalik Iris Camera ini setidaknya dapat membuktikan bahwa sebuah kamera kini dapat hadir dalam beragam wujud dan dapat dioperasikan hanya dengan mata saja. Agar tidak membingungkan Anda, berikut cuplikan video bagaimana Iris Camera bekerja..

Back to top button