Tahun lalu Acer mencatatkan diri sebagai produsen laptop pertama yang menghadirkan Ultrabook di Indonesia lewat produk Acer Aspire S3. Dan tentu Anda masih ingat kami pernah menginformasikan hadirnya keluarga baru Ultrabook Acer, Acer Aspire S5 sebagai generasi terbaru Ultrabook Acer yang hadir dengan teknologi prosesor Intel generasi ketiga.

Lalu bagaimana dengan nasib Acer Aspire S3? Apakah akan tergusur oleh Acer Aspire S5? Jawabannya tidak, karena Acer kini telah menyiapkan seri terbaru dari Acer Aspire S3 yang hadir dengan beberapa peningkatan untuk menghasilkan performa dan kinerja yang lebih baik. Untuk mengetahui lebih lanjut simak review kami berikut ini.

Konsep dan Desain

Konsep dan desain Acer Aspire S3 Review Acer Aspire S3 (Ivy Bridge) ultraportable review komputer

Beragam port konektivitas pada Acer Aspire S3 generasi kedua

Kami tidak akan membahas panjang lebar desain dari Acer Aspire S3 terbaru ini. Pasalnya, Ultrabook generasi kedua dari Acer ini masih mewarisi desain, layar dan material body yang sama persis dengan Acer Aspire S3 generasi pertama. Penempatan dan jumlah port konektivitas yang disediakan pun masih sama. Hanya saja, kini Anda dapat menikmati akses perpindahan data yang lebih cepat lewat konektivitas USB 3.0 yang menggantikan port konektivitas USB 2.0.

Acer Aspire S3 keyboard Review Acer Aspire S3 (Ivy Bridge) ultraportable review komputer

Keyboard bergaya chicklet sama seperti Acer Aspire S3 generasi pertama

Selain itu peningkatan juga terlihat pada kualitas rancang bangunnya. Sebelumnya kami pernah mengeluhkan engsel layar Acer Aspire S3 generasi pertama yang bergoyang saat dibuka dengan agak cepat. Tapi, Acer telah mengatasi masalah tersebut pada model Aspire S3 terbaru ini. Engsel layarnya terasa lebih kokoh sehingga tidak “melambai” saat dibuka. Perbedaan yang cukup jelas terlihat yaitu dari pilihan warna casing. Jika Acer Aspire S3 generasi pertama hadir dalam warna silver, Acer Aspire S3 terbaru kini hadir dengan tampilan warna champagne gold.

Fitur
Masih ingat dengan fitur Acer Green Instant On dan Acer Instant Connect? Ya, kedua fitur andalan Ultrabook Acer ini masih dapat Anda jumpai pada Acer Aspire S3 terbaru. Sedangkan untuk fitur Acer Clear-Fi juga masih dapat Anda nikmati namun kini hadir dengan sedikit perbedaan.

clear.fi media 610x322 Review Acer Aspire S3 (Ivy Bridge) ultraportable review komputer
clear.fi photo 610x325 Review Acer Aspire S3 (Ivy Bridge) ultraportable review komputer

Fitur Clear.Fi pada Ultrabook ini hadir secara terpisah dengan pilihan Clear.Fi Media dan Clear.Fi Photo. Tujuannya cukup sederhana, agar Anda dapat melakukan pemindahan data yang lebih teratur. Semua file foto dan file multimedia di setiap perangkat Acer yang terhubung pada jaringan dipisahkan secara rapih. Sedangkan untuk mengamankan file-file penting Anda, Acer juga menyertainya dengan fitur keamanan yaitu Acer Theft Shield.

Performa
printscreen spec 610x322 Review Acer Aspire S3 (Ivy Bridge) ultraportable review komputer

Untuk memberikan kinerja yang lebih baik lagi dari sebelumnya, Acer Aspire S3 generasi kedua kini ditenagai prosesor Intel Ivy Bridge. Yang akan kami ulas kali ini adalah Acer Aspire S3 yang menggunakan prosesor Intel Core i7-3517U. Dukungan memori RAM DDR3 sebesar 4GB serta kartu grafis onboard Intel HD Graphics 4000 juga ikut disertakan dalam kemasan bodi-nya yang langsing. Ketika digunakan untuk bekerja, kami merasa cukup banyak peningkatan dari Ultrabook ini dibanding sebelumnya. Selain terasa lebih cepat ketika membuka aplikasi, performa multitasking-nya juga semakin baik. Hampir tidak ada terasa jeda ketika berpindah aplikasi atau membuka laman web dalam banyak tab.

Baterai
Penggunaan prosesor Intel Ivy Bridge yang lebih hemat daya membuatnya semakin dapat diandalkan untuk diajak bepergian. Pengujian performa baterainya kami lakukan dengan mencoba menggunakannya untuk bekerja dan browsing lewat koneksi Wi-Fi. Kami mendapati bahwa Ultrabook ini dapat memenuhi segala kebutuhan komputasi yang umum dilakukan para pengguna hingga hampir 5 Jam – lebih baik dibandingkan Acer Aspire S3 generasi pertama yang hanya sekitar 4 jam.

Kesimpulan
Meski secara kemasan tidak ada perubahan, namun hadirnya prosesor Intel Core i7 generasi ketiga sebagai senjata utama Ultrabook ini cukup membawa banyak peningkatan. Performa multitasking dan multimedia yang lebih baik, baterai yang lebih tahan lama, dan sederetan fitur yang melengkapinya kini semakin dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi Anda sehari-hari. Dengan segala teknologi dan fitur yang dimilikinya, Acer Aspire S3 tetap kami sarankan jika Anda mencari sebuah Ultrabook yang ramah di kantong dengan kinerja yang mantap.


Sekilas Spesifikasi Acer Aspire S3 Ivy Bridge:

Prosesor: Intel Core i7-3517U 2.40Ghz
Memori: DDR3 4GB
OS: Windows 7 Home Premium
Kartu Grafis: Intel HD Graphics 4000
Kapasitas: Hardisk 500GB + 20GB SSD (Hybrid)

Kelebihan:
(+) Tipis dan ringan
(+) Kinerja lebih cepat dibandingkan S3 generasi pertama
(+) Fitur keamanan cukup dapat diandalkan untuk menjamin data-data penting di dalamnya
(+) USB 3.0

Kekurangan

(-) Kualitas tampilan layar biasa saja