Jika Anda setia mengikuti YangCanggih, harusnya masih ingat dengan proyek kacamata masa depan yang dikembangkan oleh Google, Google Goggles. Nah, nampaknya kita tidak perlu menunggu lama untuk melihat wujud akhirnya, karena Google telah resmi mengumumkan Google Glass Explorer Edition.

Masih di ajang Google I/O dan bersamaan dengan peluncuran tablet pertama mereka, Google memamerkan prototipe Google Glass Explorer Edition mereka ke para media yang hadir. Seperti yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya, kacamata canggih ini memiliki sebuah layar kecil di bagian lensanya yang akan menampilkan informasi secara Augmented Reality.

Walau spesifikasi lengkapnya masih belum dikabarkan oleh Google, namun dari video demo yang ditunjukkan, kacamata ini dilengkapi sebuah kamera depan untuk mengambil gambar. Sementara untuk fitur-fitur lainnya, Google menyematkan sebuah touchpad di bagian samping untuk navigasi, mikrofon, speaker, multiple radio, dan sensor-sensor seperti gyroscope, accelerometer, dan sebuah kompas. Para pengembangnya juga mengataka n bahwa Google Glass Explorer Edition akan dilengkapi fitur perintah suara.

Sayangnya, Google Glass Explorer Edition ini belum dapat dilepas ke publik dalam waktu dekat. Google hanya menawarkan kacamata canggih ini kepada para hadirin Google I/O dengan harga US$1,500 – itupun baru dapat dimiliki awal tahun 2013 mendatang.

Namun, setidaknya wujud kacamata masa depan yang mungkin hanya dapat kita bayangkan atau lihat di film Box Office sudah mendekati kenyataan. Bukan hal yang tidak mungkin, jika beberapa tahun lagi kita menemukan banyak orang menggunakannya.