[Hands-On] HTC Desire V (GSM/GSM)

Banyak orang menyukai ide penggabungan 2 kartu (atau lebih) dalam satu ponsel, yang biasa kita sebut dengan “Dual/Triple/Quad ON”, namun tidak dengan brand atau “kelas” dari ponsel yang ada. Ya, seperti kita tahu bahwa kebanyakan ponsel-ponsel dengan opsi lebih dari satu kartu didominasi oleh merek lokal, atau kelas menengah ke bawah. Nampaknya, HTC melihat peluang tersebut dengan meluncurkan HTC Desire V dan VC yang mengusung dua kartu GSM/GSM (Desire V) dan CDMA/GSM (Desire VC). Kedua perangkat berbeda seri itu sebenarnya sama dari segi desain dan spesifikasi pada umumnya.

Desire V memiliki layar 4 inci TFT resolusi WVGA (480×800), dengan prosesor single core 1GHz dan sudah mengadopsi Android ICS 4.0. Antarmukanya didukung oleh HTC Sense versi 4.0.3 sehingga Anda akan mendapat tampilan yang modern khas HTC. Untuk jaringan, SIM pertama bisa digunakan untuk berselancar internet dengan kecepatan hingga HSDPA, sementara SIM kedua hanya sebatas GPRS saja. Sementara pada VC, Anda hanya bisa berinternet dengan kartu CDMA-nya saja yang akan di-bundling dengan kartu smartfren.

Seperti biasa, saya mengulik desain Desire V terlebih dahulu dengan melihat posisi port USB, tombol-tombol fisik serta kamera. Saat perangkat dinyalakan, Anda juga dapat mendengar nada pembuka pendek yang berbeda dari biasanya.

Setelah itu, saya masuk ke pengaturan untuk mengecek beberapa informasi termasuk memori yang tersedia, mengakses menu, melihat respons layar dan opsi personalisasi yang disediakan oleh HTC. Kemudian saya menghubungkan perangkat ke WiFi untuk mencoba koneksi internet sekaligus merasakan keyboard virtualnya.

Terakhir saya mencoba kamera, baik untuk foto maupun video, termasuk kekuatan lampu kilatnya. Namun, seperti dapat Anda lihat, seri ini tidak mampu mengambil gambar (foto) saat kita sedang merekam video.

Untuk lebih jelasnya, silakan saksikan video berikut ini.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.