Zyrex OneScribe [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Produsen komputer asli Indonesia, Zyrex, memberi kesempatan khusus pada YANGCANGGIH.COM untuk menjadi media pertama yang mengulas smartphone Android terbaru mereka, Zyrex OneScribe ZA987. Rencananya smartphone Android dengan layar 5 inci ini akan mulai dipasarkan pada awal Juli mendatang. Apakah pasar akan memberikan respons yang positif? Sebelum berandai-andai lebih jauh, mari kita simak review berikut ini.

DESAIN

Saat disambangi tim dari Zyrex, kami ditawarkan 2 warna yang bisa dipilih untuk diuji, hitam dan putih. Warna yang kedua lebih menarik perhatian saya meski yang hitam juga tidak jelek: karena secara sepintas desain dari OneScribe ZA987 memang mirip dengan Samsung GALAXY Note yang mengusung layar 5,3 inci.

Zyrex OneScribe ZA987 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Sebagai vendor lokal, “terinspirasi” dengan produk internasional seperti ini boleh-boleh saja namun dengan syarat: tidak 100% menjiplak dari segi desain dan kualitasnya harus sebanding. Dan nampaknya, Zyrex mampu memenuhi keduanya. Pertama dari segi desain. Pada bagian depan, kita akan menemukan lensa kamera dan sensor cahaya berbentuk memanjang pada Note di sebelah kanan earpiece. Sementara pada OneScribe ZA987 ada 3 instrumen yang bisa ditemukan: lensa kamera, lampu indikator LED (keduanya berbentuk bulat) serta sensor cahaya yang sedikit lonjong.

Sisanya, baik penempatan brand hingga tombol Beranda di tengah yang mengambil bentuk persegi panjang, terlihat sama. Meski begitu, tombol sensitif-sentuh pada OneScribe ZA987 yang terletak di kiri-kanan tombol Beranda memiliki ikon yang jelas meski layar dan lampu tombol dalam keadaan mati.

Beralih ke sisi atas, jika jack audio 3.5mm pada Note berada di posisi cenderung ke kanan, maka pada OneScribe ZA987 letak jack tersebut justru cenderung ke kiri. Selain itu, pada Note dapat kita temukan mikrofon untuk menciptakan suara stereo kiri, sementara pada OneScribe ZA987 tidak.

desain [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Di sisi kanan Note, Anda dapat menemukan tombol daya atau Power, dan tombol akses volume di sisi kiri. Pada OneScribe ZA987, tombol-tombol tersebut diletakkan berbaris pada sisi sebelah kanan smartphone; sementara di sisi kirinya polos. Anda bahkan bisa memosisikan OneScribe ZA987 dalam keadaan berdiri dengan sisi polos tersebut.

Bagian bawah OneScribe ZA987 hanya terdiri dari port microUSB di tengah, serta mikrofon di ujung kanan. Sementara pada Note, selain port, di sebelah kananya terdapat mikrofon kanan dan lubang penyimpanan stylus berada di pojok bawah.

Terakhir, di bagian belakang Note, kamera berada di tengah dengan lampu kilat berada di sisi kanannya. Sementara pada OneScribe ZA987, lampu kilat tersebut diletakkan di sebelah kiri lensa. Letak kedua logo bisa dikatakan sama, termasuk speaker yang berbentuk 2 strip di sisi kiri bawah. Uniknya, motif lekukan di ujung kiri-kanan atas yang terdapat pada Note, juga ditiru oleh Zyrex, termasuk cekungan untuk membuka casing belakangnya yang bertekstur titik-titik menonjol.

desain 2 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Kedua adalah kualitas bahan pembangun. Untuk Note tidak perlu kita bahas lebih jauh lagi, karena vendor sebesar Samsung pasti memberikan yang terbaik pada produknya. Nah, bagaimana dengan Zyrex? Kesan pertama menggenggamnya adalah, smartphone Indonesia ini tidak terasa maupun terlihat murahan. Bahkan seorang kawan saya yang menggunakan Samsung GALAXY Ace menebak angka 5 juta rupiah ketika saya tanya berapa kira-kira harga Zyrex setelah ia memegangnya.

Pada versi prototipe yang saya gunakan, kekurangan ada pada casing belakang yang susah dirapatkan dengan sempurna. Semoga saja hal ini tidak kita temukan di versi rilisnya.

FITUR

fitur 1 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Nyatanya, Android 4.0.3 ICS yang dibenamkan pada Zyrex OneScribe ZA987 mampu berjalan dengan optimal. Terdapat 5 halaman Beranda yang bisa Anda maksimalkan dengan berbagai pintasan (shortcut) aplikasi maupun berbagai widget yang bisa ditemukan di menu utama. Terdapat sebuah shortcut bar di sisi bawah layar yang bisa diatur dengan fitur-fitur favorit hanya dengan langkah mudah seperti biasa, sentuh-tahan-pindahkan.

Jika pada Home screen (Beranda), Anda menyentuh tombol Opsi (sensitive-touch button kiri), maka akan keluar pilihan untuk mengatur wallpaper, mengelola aplikasi, atau setelan sistem. Sementara itu pada notification bar di bagian layar atas, ada 3 bagian pintasan pengaturan yang dapat ditemui yakni pengaturan layar di halaman pertama (Kecerahan, Batas waktu & Rotasi otomatis), pengaturan konektivitas di halaman tengah (Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Sambungan data (seluler) dan Mode pesawat), serta pengaturan profil telepon di halaman berikutnya yakni Umum, Diam, Rapat atau Luar Ruangan. Akses cepat ke setelan sistem juga bisa ditemui di sini.

Masuk ke menu utama, ada 2 klasifikasi yang diberikan yakni APPS dan WIDGET; serta sebuah pintasan (shortcut) untuk berkunjung ke Google Play Store di pojok kanan atas. Anda bisa dengan cepat menghapus (uninstall) aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan dengan cara menyentuh-tahan ikon aplikasi, lalu Anda akan dibawa ke Beranda dan akan muncul opsi “Copot Pemasangan” (Uninstall) dan “Info Aplikasi”, selain Anda bisa meletakkan pintasan di Beranda, tentunya.

fitur 2 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Meski tak banyak fitur yang disertakan pada Zyrex OneScribe ZA987 ini, namun beberapa fitur yang saya temukan cukup menarik untuk dibahas. Pertama adalah kemampuan fast booting perangkat ini. Jika Anda mematikan OneScribe ZA987 tanpa melepas baterai, waktu yang dibutuhkan untuk menyala hanya sekitar 6 detik; sementara jika Anda melepas baterai, dalam waktu sekitar 30 detik maka halaman kunci layar (lock screen) sudah dapat diakses. Ini tentu harus diapresiasi meski OneScribe ZA987 hanya mengadopsi prosesor single core berkecepatan 1GHz.

Kedua adalah hadirnya dua slot SIM GSM/GSM, yang sama-sama dapat digunakan untuk terkoneksi ke dunia maya dengan jaringan HSDPA. Mengatur kedua kartu SIM ini juga tergolong mudah dan Anda bisa menentukan mana yang menjadi kartu utama atau mana yang akan digunakan untuk mengakses data.

Pernahkah Anda menelepon dengan smartphone Android dan kesulitan ketika harus mengakhiri panggilan, karena layar mati sementara tombol tutup panggilan tidak tersedia? Menyalakan layar dengan menekan tombol Beranda tentu bukan solusi. Nah, OneScribe ZA987 memiliki keunggulan ketiga di poin ini: sensor cahayanya akan memberi perintah kepada layar untuk mati saat Anda mendekatkan smartphone ke telinga, dan menyalakannya kembali saat Anda menjauhkannya dari telinga untuk mengakhiri panggilan (atau mengakses fitur yang dibutuhkan pada saat aktivitas telepon masih berlangsung).

Ada juga fasilitas Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang memungkinkan Anda untuk mengakses ke pesan penolakan telepon jika sedang berhalangan atau memang tidak mau menjawab panggilan, baik dengan pesan standar yang sudah disediakan Google atau pesan yang Anda buat sendiri. Caranya, ketika ada telepon masuk, geser lingkaran ke atas dan beberapa pilihan pesan pun akan muncul. Tinggal pilih pesan mana yang ingin dikirimkan.

fitur 4 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Sementara di sektor multimedia, pemutar musik di OneScribe ZA987 menghadirkan pengaturan lanjut yang lengkap, termasuk keseimbangan suara yang bisa diatur manual. Ketika saya mencoba lagu Sunny milik Bunga Citra Lestari, efek perubahan yang dihasilkan sangat terasa. Artinya, fungsi-fungsi yang disertakan tidak hanya sekedar “asal ada”, dengan catatan Anda mendengarkan dengan earphone. Bahkan Anda bisa ikut bernyanyi dengan tersedianya kolom lirik, asal Anda menyertakan file yang sesuai. Sayangnya, keluaran suara speaker OneScribe ZA987 tergolong kurang powerful.

PERFORMA

Saya cukup penasaran untuk melakukan benchmarking pada Zyrex OneScribe ZA987. Apakah Zyrex cukup handal untuk bersaing dengan merek global?

Untuk Quadrant, OneScribe ZA987 mendapat poin CPU 2391, Memori 2827, I/O 4639, 2D 529 dan 3D 1790 dengan total 2435. Jumlah tersebut menempatkannya di urutan ketujuh, di atas HTC HD dan Samsung Nexus S. Sementara AnTuTu memberikan total poin 3535 dengan kecepatan baca tulis kartu memori 17.8MBps/8.2MBps. Poin tersebut menempatkannya di posisi setingkat lebih baik dari Quadrant, yakni keenam di bawah HTC Evo 3D dan di atas Google Nexus S.

benchmark1 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Vellamo yang menguji kehandalan Zyrex OneScribe ZA987 dalam membuka berbagai konten multimedia di halaman web ini mendapat skor 1243 yang menempatkannya di posisi kelima dari 28 smartphone maupun tablet, yang bahkan mampu mengungguli 2 peringkat di atas Samsung GALAXY Note!

Beralih ke layar, dengan resolusi 480×800 piksel serta kedalaman (dpi-deep per inch) 240×240, Zyrex OneScribe ZA987 yang menggunakan GPU dari pabrikan Imagination Technologies ini mampu membaca dan merespons 5 sentuhan dalam waktu bersamaan. Terasa ‘match’ dengan ukuran layarnya. Serta, mengakses tombol-tombol di virtual keyboard-nya terasa sangat nyaman meski digunakan untuk mengetik cepat.

performa [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Sekarang masuk ke sektor kamera. Dengan banderol harga di bawah Rp.3 juta, kamera 8MP yang dibawanya terasa “wah” secara resolusi. Namun bagaimana dengan hasilnya? Jika dinilai secara keseluruhan, hasil yang diperoleh tergolong lumayan untuk di tempat berlimpah cahaya, namun tidak di keremangan. Meski sudah disertakan lampu kilat, daya pancar cahayanya terlihat sangat lemah sehingga obyek harus benar-benar berdekatan dengan lensa agar dapat terjangkau. Penerjemahan warna juga sering gagal, seperti pada rok mini jeans pada model maupun air yang berwarna biru, kadang terlihat hijau.

Saya tak lupa mencoba fitur panorama di OneScribe ZA987. Hasilnya cukup memuaskan dari segi panorama-nya, namun sekali lagi tidak untuk ketajaman gambarnya. Meski begitu, fitur HDR berhasil menghadirkan gambar lebih terang, jelas dan “hidup”. Untuk lebih jelas lagi, bisa Anda lihat hasil-hasil foto tersebut di bawah ini. Seperti biasa, klik langsung pada foto untuk melihatnya dalam resolusi penuh.

7448198690 144d5f244e n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget 7448205110 757227d3cf n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Dalam ruang tanpa flashDalam ruang dengan flash

7448174046 535f70fa13 n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget 7448163730 e4115c5bc0 n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Luar ruang normalLuar ruang HDR

7448135686 6def0e9e6e n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget 7448149326 2676b2ff63 n [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Luar ruang normalLuar ruang HDR

7448121574 233ff5f6ff z [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Panorama

Sementara di sektor video, rekaman yang dihasilkan kurang smooth. Mungkin tak sampai 25fps sehingga gerakan yang agak cepat akan menghasilkan gambar blur. Audio yang dihasilkan juga tidak jernih. Saya juga tidak dapat menemukan pilihan resolusi.

Yang menarik, selain pengaturan standar seperti white balance dan efek, Anda juga dapat memanfaatkan Time Lapse yang akan mengambil rekaman gambar dengan interval waktu tertentu yang dapat dipilih: 1, 1.5, 2, 2.5, 3, 5 dan 10 detik. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengambil video perubahan waktu dengan cepat, dari siang ke malam misalnya. Hasil video OneScribe ZA987 bisa Anda saksikan berikut ini.

Beralih ke performa internet, seperti pada hasil benchmark, OneScribe ZA987 mampu membuka berbagai macam laman dengan lancar. Sayangnya ketika saya mencoba untuk menonton TV Live Streaming di MivoTV, situs gagal terbuka dengan penuh. OneScribe juga menyertakan fitur video yang meski harus digunakan bersama earphone sebagai antena, namun Anda juga tetap “mendengarkannya” tanpa mencolokkan earphone meski hanya suara kemresek. Siaran yang sedang Anda dengar juga dapat direkam. Sementara daya tahan baterai tergolong awet, karena dengan layar 5 inci dan 2 kartu aktif dengan aktivitas cukup sering baik menelepon, SMS, internet dan kamera, OneScribe ZA987 mampu bertahan seharian.

KESIMPULAN

Zyrex OneScribe ZA987 sangat layak diperhitungkan bila Anda mengidamkan smartphone dengan layar yang lebih besar dari kebanyakan smartphone. Untuk konsep layar ekstra besar ini, memang mirip seperti Samsung GALAXY Note, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun masih tergolong baru di dunia smartphone Indonesia, Zyrex OneScribe ZA987 ini dapat diandalkan dalam hal kualitas maupun performa. Beberapa kekurangan pada produk yang saya uji, terbatas pada layar yang kurang tajam, performa kamera serta speaker yang masih bisa ditingkatkan. Selebihnya bisa dimaklumi mengingat ini masih merupakan prototipe sebelum diluncurkan awal Juli mendatang.

Yang mengagumkan adalah harganya. Zyrex rencananya akan memasarkannya dengan harga Rp 2,499,000. Harga yang menarik ditunjang spesifikasi dan kemampuan yang baik pula. Pendeknya, Zyrex OneScribe ZA987 patut menjadi pertimbangan bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan layar berukuran besar, performa cepat, tapi dengan harga yang terjangkau.

kesimpulan1 [EXCLUSIVE] Review: Zyrex OneScribe ZA987  smartphone review mobile gadget

Pros:
(+) Desain menarik
(+) Baterai cukup awet
(+) Kamera 8MP, HDR, Panorama
(+) OS Android ICS
(+) Fast boot
(+) Dual SIM card
(+) Harga terjangkau
(+) Fitur pemutar lagu lengkap

Cons:
(-) Layar kurang tajam
(-) Hasil kamera masih terlihat “khas” ponsel lokal
(-) Lampu kilat kamera hanya sebagai pelengkap
(-) Suara speaker eksternal kurang bertenaga

Lihat juga:
> Samsung GALAXY Note
> S-nexian Five A5000