AWARE 2 gigapixel 3 AWARE 2: Kamera Gigapixel Paling Mungil Di Dunia news foto video

Dunia fotografi kedatangan sebuah kabar baik. Baru-baru ini, para ilmuwan dari Universitas Arizona dan Duke di Amerika Serikat berhasil menciptakan prototipe kamera dengan resolusi terbesar saat ini. Di bawah naungan DARPA, badan pertahanan nasional Amerika Serikat, mereka menamakan kamera tersebut AWARE 2.

AWARE 2 memang bukan kamera gigapixel pertama di dunia, tapi kamera ini adalah kamera dengan resolusi gigapixel pertama di dunia yang memiliki ukuran paling ringkas dan relatif portabel untuk saat ini.

Dilihat dari rancangan bodinya, AWARE 2 masih jauh dari kata sempurna. Namun kecanggihan teknologi yang dimilikinya sangat mengagumkan. Kamera ini mengemas 98 buah microcamera beresolusi 14 megapixel, lensa spherical dan microprosesor berkecepatan tinggi untuk mengolah data gigapixel dengan cepat. Para pengembangnya juga mengatakan, bahwa mereka berencana untuk menambahkan microcamera di produk berikutnya, sehingga dapat menghasilkan foto dengan resolusi hingga 50 gigapixel!

AWARE 2 gigapixel 2 610x303 AWARE 2: Kamera Gigapixel Paling Mungil Di Dunia news foto video

Semakin tinggi jumlah pixel maka akan semakin tinggi pula resolusi yang didapat

Jadi hasil tangkapan dari microcamera tersebut akan diolah dan digabungkan menjadi satu gambar yang amat besar. Foto berukuran ekstra besar ini akan bermanfaat untuk penelitian dan keperluan lain. Contoh skenarionya, peneliti kehidupan hewan akan dapat mengambil foto yang lebih detail dengan lebih cepat karena satu foto dapat ditelaah dengan sangat mendalam. Pada kamera biasa, hewan berukuran kecil mungkin tidak akan tertangkap kamera jika tidak diambil dari jarak dekat. Tapi dengan resolusi gigapixel, gambar dapat diperbesar sedemikian rupa sehingga benda yang kecil akan terlihat besar jika dilihat dalam ukuran yang sebenarnya.

AWARE 2 gigapixel 1 610x403 AWARE 2: Kamera Gigapixel Paling Mungil Di Dunia news foto video

Seiring dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi saat ini, kami sangat berharap AWARE 2 ini akan memiliki sejarah seperti komputer. Ketika komputer pertama kali ditemukan, ukurannya sangat besar dengan kecanggihan yang sangat terbatas namun tetap terlihat canggih di jamannya. Dan coba Anda lihat sekarang, komputer telah hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari desktop hingga Ultrabook yang berbodi langsing. Ditambah lagi semuanya dirancang dengan teknologi-teknologi yang mempermudah kehidupan manusia. Jadi tidak mustahil rasanya jika di masa yang akan datang, AWARE 2 akan hadir dalam kemasan seperti sebuah kamera DSLR namun memiliki sensor dengan resolusi Gigapixel.

Saat ini kamera gigapixel akan dijual untuk kalangan terbatas di kisaran harga US$100.000 atau sekitar hampir 1 milyar rupiah. Seperti produk teknologi lain, harganya akan semakin terjangkau seiring berjalannya waktu. Tertarik untuk membelinya?