Belkin WeMo: Mengendalikan Perangkat Elektronik di Rumah dengan iOS


Pernahkah Anda membayangkan rumah masa depan yang dapat mengenali pemiliknya dan secara otomatis akan menyalakan lampu saat ia memasuki ruangan? Jika ya, Anda perlu menyimak WeMo dari Belkin ini. WeMo adalah sebuah solusi otomasi rumah yang akan mengendalikan berbagai peralatan elektronik rumah Anda.

WeMo ini terdiri dari WeMo Switch, WeMo Switch+Motion dan WeMo iOS App. WeMo Switch dan WeMo Switch+Motion adalah sebuah steker yang dapat menyalakan atau mematikan alat elektronik secara otomatis melalui bantuan aplikasi WeMo iOS App serta jaringan Wi-Fi. Bedanya, WeMo Switch+Motion dilengkapi dengan sensor gerak yang langsung membaca perintah saat Anda berada dalam jangkauan.

Cara kerjanya juga sangat mudah. Aplikasi WeMo tersebut menyediakan pilihan untuk mengaktifkan perangkat-perangkat rumah tangga yang tersambung ke WeMO Switch atau Switch+Motion. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjadwalkan kapan perangkat elektronik tersebut menyala dan mati. Misalnya, Anda mengatur mesin pembuat kopi agar menyala pada jam 7 pagi, maka saat Anda bangun tidur dan pergi ke dapur, kopi telah siap dituang.

Dengan WeMo Switch+Motion, Anda bahkan tidak perlu mengaktifkan aplikasi WeMo iOS App di perangkat iOS. Saat WeMo Switch+Motion mendeteksi kehadiran Anda, alat tersebut akan membaca perintah yang telah diatur sebelumnya. Jadi Anda tidak perlu mencari-cari sakelar lampu saat pulang ke rumah dengan membawa banyak belanjaan.

Saat ini, para pengguna perangkat iOS sudah dapat mengunduh aplikasi WeMo App secara cuma-cuma di App Store. Namun sayangnya, aplikasi tersebut belum berfungsi penuh karena WeMo Switch dan WeMo Switch+Motion, yang dijual dengan harga US$49.99 dan US$99.99 ini masih menunggu peluncuran resminya.

Agar lebih jelas mengenai cara kerjanya, simak videonya di bawah ini.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.