Melanjutkan seri Ultrabook U Series, Lenovo merilis Lenovo IdeaPad U310 dan Lenovo IdeaPad U410 untuk pasar Indonesia. Untuk melihat lebih dekat penampakan dari Ultrabook ini, berikut ulasan singkat kami di saat acara peluncurannya Selasa (19/06/2012) lalu.

Dilihat dari segi desain, kedua Ultrabook dari Lenovo ini masih terlihat sama dengan model sebelumnya, IdeaPad U300s. Bodi langsing yang terbuat dari bahan alumunium kokoh hadir dalam bobot yang sangat ringan, yakni sekitar 1,7Kg.

Keduanya mengusung keyboard bergaya chiclet dengan tombol-tombol huruf yang cukup besar. Di bawahnya terdapat touchpad berlapis kaca yang sangat responsif dan nyaman digunakan. Yang membuat Ultrabook terbaru dari Lenovo ini tambah menarik adalah adanya beberapa pilihan warna menarik yang disediakan. Lenovo menyediakan 5 pilihan warna, yaitu Sapphire Blue, Aqua Blue, Cherry Blossom, Graphite Gray dan Ruby Red yang membuat tampilan Lenovo IdeaPad U310 dan U410 lebih trendi dan gaya.

Meski tampilan desain keduanya nyaris sama, dua seri terbaru ini memiliki kinerja grafis dan kapasitas ruang penyimpanan yang berbeda dari pendahulunya. Lenovo U310 mengandalkan chipset grafis onboard Intel HD Graphics 4000, yang lebih bertenaga dibanding HD Graphics 3000 seri U300s. Sedangkan Lenovo U410 dipersenjatai kartu grafis NVIDIA GeForce 610M yang lebih optimal untuk menyajikan tampilan grafis beresolusi HD.

Masuk ke bagian ruang penyimpanan, keduanya dilengkapi ruang penyimpanan bermodel hybrid yang menggabungkan kinerja hardisk dan SSD untuk performa yang lebih optimal. Pada Lenovo IdeaPad U310 kapasitas hardisk yang tersedia sebesar 500GB dan U410 sebesar 750GB dengan SSD cache sebesar 32GB. Untuk menyajikan kinerja yang lebih optimal, keduanya menggunakan prosesor Intel i5 generasi ketiga yang ditunjang performa memori RAM DDR3 sebesar 4GB.

Untuk urusan terhubung ke perangkat lain, bodinya yang tipis memuat sederetan pilihan port konektivitas yang lengkap. Anda dapat menemui port USB 2.0, HDMI, 2 in 1 Card Reader, port LAN, mic, headphone dan port USB 3.0 Untuk akses perpindahan data yang lebih cepat. Selain itu tersedia juga koneksi Wi-Fi dan Bluetooth untuk akses secara nirkabel serta sebuah webcam HD 720p yang dapat diandalkan untuk video chat. Agar kinerja laptop ini kian optimal, Lenovo melengkapinya dengan fitur-fitur pintar miliknya seperti Lenovo Enhanced Experience 3.0 untuk kinerja start up windows yang lebih cepat, Lenovo Smart Update yang memungkinkan laptop ini untuk melakukan update akun sosial media dan mail meski dalam kondisi sleep dan fitur keamanan yang lengkap.

Berikut cuplikan video dari Lenovo IdeaPad U310 dan nantikan review kami selanjutnya..