ios 6 maps Apple iOS 6: Menawarkan Antarmuka & Beragam Fitur Baru news ios iphoneipad aplikasi

Apple memanfaatkan perhelatan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2012 untuk memperkenalkan (atau memamerkan) sederet produk terbaru besutan vendor asal AS tersebut. Salah satunya adalah upgrade OS iOS 6 yang tentu saja memiliki banyak fitur baru. Meski saat ini baru tersedia untuk para pengembang, namun menarik rasanya untuk melihat apa saja yang ada di dalam iOS 6.

Pertama, tentu saja, ada di antarmuka atau tampilan yang jauh lebih segar. Sektor ini memang biasanya selalu menjadi perhatian awal pengembang OS untuk memanjakan penggunanya. Selain itu, berbagai fitur seperti Passbook untuk melacak Boarding Pass, layanan berbagi Photo Stream hingga integrasi mendalam dengan Facebook, telah terdapat di OS yang akan didukung oleh iPhone, iPad 2 & New iPad serta iPod Touch tersebut.

ios6maps Apple iOS 6: Menawarkan Antarmuka & Beragam Fitur Baru news ios iphoneipad aplikasi

Sektor navigasi juga tak luput dari pengembangan. Apple Maps yang digadang-gadang ingin menyaingi Google Maps tersebut, sudah dilengkapi dengan turn-by-turn navigation, tampilan bangunan 3D serta beberapa fitur baru lainnya.

Asisten pribadi Siri pada akhirnya bisa diimplementasikan di iPad pada iOS 6 ini. Apple menjelaskan bahwa terdapat sekitar 200 update pada Siri yang menjadikannya lebih “cerdas”, termasuk dukungan terhadap lebih banyak konten serta kemampuan menjawab pertanyaan pengguna. Tambahan dukungan bahasa yakni Korea & Mandarin tentu juga merupakan kabar baik.

Dengan integrasi lebih jauh pada Facebook, Anda bisa berbagi foto hingga aplikasi langsung ke Timeline hanya dengan beberapa langkah. Apple juga menyediakan opsi sinkronisasi dengan daftar kontak Facebook sehingga kontak Anda akan selalu up-to-date secara otomatis.

App Store juga mengalami pembaharuan, dengan tersedianya tombol “Like” sehingga pengguna bisa mengetahui aplikasi apa yang direkomendasikan oleh pengguna lain. Sedangkan dengan fitur Do Not Disturb, Anda dapat menolak panggilan telepon atau SMS. Sehingga smartphone tidak akan menyala atau bergetar saat panggilan dan SMS masuk. Apple juga memperbaharui fitur Face Time agar dapat menggunakan koneksi seluler sehingga Anda tak perlu lagi bergantung pada WiFi.

Nah, berikutnya ada pada iTunes dengan fitur baru Match yang akan menyamakan musik dari iTunes Library Anda dengan trek yang sama pada server Apple, sehingga Anda bisa memainkan musik itu dari device iOS dengan mengunduhnya ke perangkat Anda lalu memutarnya secara streaming. Jelasnya bisa Anda lihat pada video berikut.

Rencananya, iOS 6 akan hadir untuk konsumen pada Oktober mendatang, atau kurang dari 4 bulan lagi. Menariknya, meski belum diedarkan luas, iOS 6 sudah berhasil di-jailbreak pada iPod Touch!