gx1kfronthps14042popup 610x457 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

Terjangan kamera berukuran mungil dengan fitur lensa yang dapat diganti-ganti (atau akrab disebut CSC – compact system camera) sepertinya tidak tertahankan lagi dengan semakin banyaknya vendor yang mengadu nasib di jenis produk digital imaging terbaru ini. Sebagai salah satu pelopornya, Panasonic tidak tinggal diam dan kembali mengeluarkan kamera CSC terbarunya yaitu Lumix GX1. Setelah menggunakannya cukup lama, inilah ulasan kami mengenai Lumix GX1.

Desain

Jika Anda mengikuti atau malah memiliki kamera MFT (Micro Four Thirds) seri GF dari Panasonic sebelumnya, seperti GF1, GF2 atau GF3, maka GX1 boleh dibilang lebih mendekati GF1 dari segi desain. Lumix GF3 dirancang sebagai kamera MFT yang mungil dan praktis dimasukkan ke tas tangan, tapi GX1 sedikit berbeda. Faktor ergonomis amat ditonjolkan di sini dan peningkatan yang diberikan juga cukup banyak. Imbasnya, ukuran GX1 lebih besar dibandingkan GF3 tapi dikompensasi dengan grip yang lebih nyaman. Kualitas rancang bangun juga amat baik, bahkan yang terbaik untuk kamera seukurannya.

Deretan tombol fungsi yang menghiasi bagian belakangnya memiliki ukuran yang pas. Untuk tata letak menu, termasuk mudah dikuasai. Ada dua menu, yaitu Quick Menu untuk mengakses berbagai fungsi fotografi yang sering digunakan seperti setting ISO, white balance, resolusi gambar, metering dan sebagainya. Sedangkan untuk tombol menu di tengah dapat mengatur semua aspek fotografi dan kamera yang ada.

Selain dengan menekan tombol shutter (rana) seperti biasa, Anda juga dapat menggunakan layar sentuhnya untuk mengambil foto. Walaupun sedikit ada jeda, tapi metode ini amat cocok untuk street photography atau mengambil foto candid. Kualitas layar termasuk memadai, dengan resolusi 460.000 titik yang tajam. Layarnya cukup terang dan tetap nyaman dilihat saat digunakan di bawah pancaran sinar matahari.

Saat masuk ke mode preview gambar, Anda dapat langsung menyentuh layar untuk memperbesar dan memperkecil foto atau menghapusnya. Sayangnya, layar sentuhnya kurang responsif sehingga kami sering harus menekan layar lebih dari satu kali untuk mengaktifkan satu fungsi. Untunglah semua fungsi tersebut dapat dilakukan melalui tombol yang ada di sisi kanan layar.

Fitur dan Performa

creative control lumix gx1 610x368 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

Walaupun telah dilengkapi opsi pemotretan manual, ternyata cukup banyak fitur menyenangkan yang dimiliki GX1. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai efek fotografi menarik yang masuk dalam menu “Creative Control”. Ada beberapa efek asyik seperti Expressive, Retro, High Key, Low Key, Sepia, High Dynamic, Toy dan Miniature. Hasilnya menarik, tapi masih tidak sebanyak dan sekreatif kompetitornya. Untuk pengaturan warna, terdapat fitur Photo Style. Anda dapat mengatur setting kontras, ketajaman, saturasi dan pengurangan noise, lalu menyimpannya sehingga dengan mudah digunakan kelak.

photo style lumix gx1 610x482 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

Selain dengan tombol shutter biasa, Anda juga dapat merekam foto langsung dengan menyentuh layarnya. Ini berguna jika Anda ingin memotret secara candid atau diam-diam. Fitur lain yang difasilitasi oleh layar sentuhnya adalah Touch AF. Dikombinasikan dengan Face Detection, Anda tinggal menyentuh wajah subyek yang akan difoto dan kamera akan mencoba mengunci fokus ke wajah tersebut. Untuk dapat bekerja, kamera harus dapat melihat mata, hidung dan mulut. Jika ada beberapa wajah, maka wajah yang terdekat yang akan diprioritaskan.

Performa GX1 cukup responsif. Menjelajah menu dan setting dapat dilaksanakan dengan cepat dan intuitif, tanpa banyak harus menunggu kamera menampilkan menu. Mulai dari kamera dinyalakan sampai mengambil foto, GX1 membutuhkan waktu sekitar 1-2 detik. Dalam kondisi menyala, Anda bisa mengambil foto dengan cepat dan nyaris tanpa jeda. Kinerja autofokus juga baik, tidak beda jauh dengan kamera DSLR di kondisi cahaya yang baik. Namun pada kondisi cahaya agak remang-remang atau pada subyek yang kurang kontras, kinerja autofokus melambat walaupun tetap berhasil menemukan fokusnya. Exposure cukup akurat, walaupun kadang membuat foto agak underexposure. Ini dapat diselesaikan dengan mengatur exposure compensation.

Untuk memotret aksi cepat, GX1 mampu memotret 4 foto dalam satu detik. Bahkan jika Live View dimatikan, Anda dapat merekam 20 foto per detik. Sayangnya, resolusi maksimum yang didukung hanyalah JPEG 4MP. Daya tahan baterai cukup standar, sekitar 300-350 foto, tergantung apakah Anda menggunakan flash atau tidak. Jika Anda sering menggunakan Creative Control, angka itu akan menurun mengingat penggunaan prosesor yang intensif akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Hasil Foto dan Video

Sensor yang digunakan GX1 membawa peningkatan yang cukup signifikan, apalagi jika dibandingkan GF1. Sensor 16 megapixelnya sama seperti yang digunakan di Lumix G3. Hasil foto dalam format JPEG cukup baik, dengan warna yang akurat dan ketajaman (dengan lensa kit) yang baik. Akurasi white balance pada setting Auto masih perlu ditingkatkan, terutama saat memotret di dalam ruangan dengan lampu kuning.

Hasil foto:
6866821156 232082c2ef Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

6866832846 35f437d685 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat galeri hasil foto kami.

Keberadaan noise yang biasanya cukup menjadi pertimbangan sudah lebih berkurang. Pada setting ISO rendah sampai ISO 800, noise yang dihasilkan nyaris tidak terlihat. Tingkat noise masih cukup dapat diterima sampai setting ISO 3200. Di atas itu, biasanya hanya untuk keperluan darurat saja.

Berikut hasil tes ISO:

7105815597 728d1bc72f Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
7105816757 eca0dba567 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
6959748188 5a03a8d7e9 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
6959749360 fde34a60b9 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
7105820043 e734f9a0e2 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
6959751966 3797ac67aa Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
6959753232 8ca7328c23 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video
7105814707 f523fbce48 Review Panasonic Lumix GX1 review kamera dslm foto video

Kesimpulan

Dambaan sebagian fotografer akan kamera yang berukuran relatif mungil namun mampu menghasilkan foto menawan semakin terjawab dengan Panasonic Lumix GX1. Penyertaan layar sentuhnya ternyata mampu memberikan alternatif penggunaan yang fungsional bagi penggunanya, bukan hanya sekedar pelengkap saja. Untuk kinerja, GX1 juga dapat menjadi andalan. Kualitas hasil foto juga sudah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan kamera MFT sebelumnya, berkat digunakannya sensor 16 megapixel yang baru. Panasonic juga berhasil meracik desain yang manis sekaligus ergonomis dan tangguh dengan GX1. Menggunakan GX1 untuk waktu yang lama terasa nyaman dan tidak melelahkan.

Singkat kata, dengan paduan antara hasil foto dan kinerja handal dengan desain ergonomis yang cantik, ditambah ketersediaan lensa Micro Four Thirds yang sudah cukup banyak (GX1 juga dapat menggunakan lensa MFT keluaran Olympus), Panasonic Lumix GX1 layak direkomendasikan bagi Anda yang ingin beralih dari kamera saku tapi tidak ingin dibebani bobot ekstra kamera DSLR. Lumix GX1 juga cukup ideal bagi para fotografer amatir yang menginginkan kamera keren dan berkualitas tinggi untuk keperluan sehari-hari.

Kelebihan:
+ Kualitas foto amat baik
+ Bodi tangguh dan ergonomis
+ Flash internal dapat diarahkan
+ Layar tajam dan terang
+ Kinerja cepat

Kekurangan:
- Fitur kreatif masih kurang
- Flash internal agak lemah
- Layar sentuh kadang kurang responsif