Quantcast
News

Sharp Luncurkan Transistor Film LCD & OLED Tipis Berteknologi IGZO

IGZO LCD sharp

Di artikel kami sebelumnya, disebutkan bahwa Sharp tengah mengembangkan teknologi IGZO untuk menciptakan layar yang lebih tajam dan hemat. Tampaknya kita tidak perlu menunggu lebih lama, karena baru-baru ini mereka telah resmi meluncurkan panel layar LCD dan OLED yang dibuat dengan teknologi oksida semikonduktor tersebut.

Teknologi ini memungkinkan Sharp untuk membuat transistor film LCD yang lebih kecil dan tipis, namun dengan transparansi piksel yang lebih besar (meningkat). Teknologi ini juga dapat diterapkan pada layar OLED, yang ukurannya bisa dibuat setipis kertas.

Selain menghasilkan konsumsi energi lebih rendah, penggunaan teknologi ini juga akan dikombinasikan dengan teknologi UV2A*3 photo-alignment proprietary yang digunakan pada Sharp AQUOS LCD TV – ini artinya hasil kualitas gambarnya akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Prototipe pertama dari display LCD berteknologi IGZO terbaru adalah layar berukuran 4,9 inci dengan resolusi 720×1280, serta layar 6,1 inci resolusi tinggi 2560×1600. Untuk ke depannya, Sharp berencana untuk merilis layar dengan ukuran yang lebih kecil seperti layar fleksibel berukuran 3.4 inci dengan resolusi 540×960 piksel. Selai itu, mereka juga menyiapkan panel OLED putih plus filter warna RGB dengan dukungan hingga ukuran 13.5 inci resolusi QFHD 3840×2160 yang diperuntukkan bagi tablet PC.

Apakah Sharp hanya akan menggunakan teknologi ini pada smartphone atau tablet PC produksi mereka saja, atau akan ada vendor lain yang ikut mengiplementasikannya? Mari kita tunggu jawabannya bersama-sama.

Back to top button