Namanya juga teknologi, wajar jika terus berkembang. Apalagi jika dihubungkan dengan selera orang terhadap fesyen. Dulu kita mengenal Sony Ericsson XPERIA Pureness, ponsel berharga premium karena memiliki layar transparan alias tembus pandang. Dengan layar ini, Anda tak perlu khawatir terperosok ke lubang selama asyik SMS-an sambil berjalan kaki. Meskipun harganya mencapai lebih dari Rp 9 juta saat pertama kali dijual, Pureness sebenarnya tak lebih dari sebuah ponsel yang memiliki fitur standar dan dilengkapi layar hitam putih.

Ada juga Lenovo, yang tak begitu kedengaran gaungnya saat itu meski ponsel yang dikeluarkannya memiliki kelebihan di sisi teknologi layar yang sudah berwarna. Tepatnya di pertengahan 2011, Lenovo S800 hadir ke hadapan konsumen dengan harga yang lebih murah ketimbang vendor patungan Jepang-Swedia itu, yakni dengan harga sekitar US$800. Lalu bagaimana dengan Explay yang mengeluarkan seri Crystal ini? Kelebihan apa yang dibawanya dibandingkan 2 ponsel sebelumnya?

Lenovo S800

Yang pasti, Explay Crystal dijual dengan harga yang lebih bersahabat, yakni hanya sekitar Rp 2 jutaan saja (7,000 Ruble atau $219). Layar Explay Crystal juga lebih terang dan lebih tajam dibandingkan S800 dan Pureness. Crystal juga memiliki 2 slot kartu SIM untuk mengaktifkan dua operator sekaligus, walaupun fitur ini tentunya bukan fitur yang asing bagi konsumen di Indonesia.

Fitur lain termasuk standar dan sekelas dengan ponsel di tingkat harga Rp 1 jutaan, seperti slot microSD, kamera untuk merekam foto dan video, serta keypad konvensional. Explay Crystal akan mulai dipasarkan di Rusia pada awal Juli mendatang.