Seorang gamer mungkin pernah merasa ingin memamerkan kebolehannya ke orang lain. Atau mungkin jika ia seorang gamer profesional, melihat tayangan ulang permainannya bisa menjadi sebuah pelajaran penting untuk dapat mengembangkan skill. Elgato berusaha mewujudkan hal tersebut dengan merilis alat rekam video khusus game bernama Game Capture HD.

Sekilas, bentuk dan ukuran Elgato Game Capture HD ini mirip dengan sebuah hard disk eksternal – berwarna hitam dan tebal. Dilengkapi dengan dua buah port HDMI In / out, port A/V in, dan mini-USB, Game Capture HD akan merekam video dari Xbox 360, PS3 atau perangkat dengan HDMI lainnya ke dalam PC atau Mac.

Berbagai port konektivitas di bagian depan dan belakang


Penggunaannya terbilang cukup sederhana dan mudah. Yang harus dilakukan pertama kali adalah menghubungkan konsol game ke port HDMI in Game Capture HD, sedangkan port HDMI out dihubungkan ke TV. Lalu untuk menyimpan video rekamannya, sambungkan kabel Mini USB ke PC atau Mac. Khusus untuk konsol Sony PS3, Elgato menyediakan sebuah kabel A/V sebagai ganti HDMI, karena Game Capture tidak mendukung video dengan enkripsi HDCP. Saat diaktifkan, Elgato Game Capture HD akan merekam gambar tanpa mempengaruhi jalannya permainan yang berlangsung. Hasil rekamannya akan disimpan ke PC atau Mac dalam beberapa format antara lain 1080i @30fps, 720p @60fps, 576p@60fps atau 480p/I @60fps, tergantung dari sumbernya.

Untuk membedakannya dari yang lain, Elgato melengkapinya dengar fitur eksklusif yang dinamakan Flashback Recording. Fitur ini memampukan pengguna untuk melihat tayangan ulang permainannya selama satu jam ke belakang dan mulai merekamnya pada menit yang diinginkan. Hal ini membuat perekaman lebih efisien karena pengguna tidak perlu merekam seluruh permainan dan kemudian mengeditnya.

Berbicara soal mengedit video, Elgato juga menawarkan fitur edit yang sederhana di dalam software bawaannya. Setelah selesai diolah, pengguna dapat dengan mudah mengunggah hasil rekamannya ke YouTube, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Walau harganya tergolong wajar, yakni sekitar US$199, alat perekam video besutan Elgato ini mungkin hanya akan diminati para gamer hardcore saja. Tapi jika Anda benar-benar tertarik dengan Game Capture HD, tampaknya harus bersabar karena Elgato baru meluncurkannya bulan Juni ini.

Untuk lebih jelas dengan fitur dan kegunaannya, simak video di bawah ini.