VIA APC 8750: Komputer Android di Bawah Rp 500 ribu


Membuat komputer dengan ukuran yang kecil tampaknya telah menjadi hobi VIA Technologies. Setelah sebelumnya menciptakan komputer mungil untuk hiburan dalam mobil, kini VIA meluncurkan VIA APC 8750 yang berbasis Android.

Berbeda dari vendor lain yang menciptakan komputer Android seukuran genggaman tangan, VIA membuatnya dari motherboard ITX yang dibagi dua. Tidak secara harafiah memang, tapi dengan dimensi 170x85mm, ukurannya setengah dari motherboard ITX biasa. Perangkat buatan Taiwan ini terdiri dari prosesor, memori, dan sejumlah port konektivitas saja tanpa dilengkapi case.

Sama seperti AMOS-3002, VIA menyematkan prosesor khusus buatan mereka. Kali ini giliran prosesor Wondermedia dengan kecepatan 800Mhz yang dipilih VIA untuk menjadi motornya. Prosesor berbasis ARM 11 tersebut juga didukung dengan memori DDR3 sebesar 512MB dan memori flash sebesar 2GB. Spesifikasi tersebut memang tidak ‘wah’, tapi setidaknya cukup kuat untuk njalankan aplikasi-aplikasi Android.

Untuk mengoperasikannya APC 8750 ini ditenagai dengan sebuah 12V adapter eksternal atau melalui konektor internal 4-pin 12V yang terdapat di dalamnya. Hebatnya, komputer ini memiliki konsumsi daya sekitar 13,5W saja – atau hanya 10 persen dari konsumsi daya PC rata-rata. Di segi konektivitas, komputer mungil ini tergolong lengkap dengan sebuah port VGA D-sub, HDMI, empat port USB 2.0, Ethernet, sepasang audio jacks dan sebuah slot microSD untuk penyimpanan.

Sayangnya, sistem 8750 ini tidak mendukung resolusi lebih dari 720p, sehingga pengguna tidak dapat menikmati konten video 1080p. Setidaknya semua video dari YouTube dan layanan video lain masih bisa dinikmati dengan baik. Kami juga masih belum mendapat kabar mengenai versi Android mana yang digunakan di dalamnya. Tetapi VIA sempat menyebutkan bahwa mereka menyematkan sistem operasi Android yang mereka rancang sendiri.

Walaupun fiturnya tidak selengkap produk lain, VIA APC 8750 adalah salah satu solusi hiburan multimedia yang paling terjangkau saat ini. Anda dapat memilikinya hanya dengan mengeluarkan uang sebanyak US$49, atau sekitar Rp 460,000 saja. Saat ini, VIA APC 8750 masih dalam tahap pengembangan dan direncanakan untuk keluar awal Juli nanti. Yah jika Anda memang sedang mengincar komputer Android terjangkau untuk hiburan di rumah, VIA APC 8750 ini layak ditunggu.

Kunjungi situs resminya melalui link ini untuk mendapat informasi lebih lanjut.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.

One Response