[Hands-On] Samsung GALAXY S III: Fitur Tap to Top & Akses Cepat Kamera

Sistem operasi Android memungkinkan Anda tetap memiliki semua kontak di smartphone lama Anda ketika berpindah ke yang baru. Dengan kontak lama ditambah kontak baru yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu, tentu terbayang di benak kita jumlah sedemikian banyak nama dan nomor dalam daftar kontak di ponsel. Angka ratusan atau bahkan ribuan nampaknya bukan mustahil dicapai.

Nah, Samsung menanamkan sebuah fitur baru di GALAXY S III yang memanfaatkan sensor gerak. Tap to Top, sesuai namanya, dapat “mengembalikan tampilan kontak ke paling atas” saat Anda mencari nama dengan menggulir layar ke bawah dan semakin ke bawah. Artinya, ketika Anda sudah sampai pada kontak huruf T namun baru tersadar bahwa yang Anda cari berada di huruf B, cukup lakukan Tap to Top untuk mengembalikannya ke atas dengan sangat cepat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, yang perlu Anda lakukan cukup dengan masuk ke Pengaturan Gerakan (motion), lalu geser tombol virtual hingga warna hijau terlihat. Selain itu, saya juga mencoba untuk melihat sisi dalam SGS III yang tertutup casing untuk melihat baterai dan slot kartu yang digunakan. Selain microSD yang bersifat hot swap, slot microSIM card juga terdapat di sana.

Fitur baru memanfaatkan sensor gerak lainnya adalah akses kamera cepat (quick camera access) saat layar terkunci. Cara mengaktifkannya dari menu pengaturan di sub menu kemamanan. Dengan fitur ini, Anda bisa mengaktifkan kamera dari layar terkunci dengan cepat: sentuh layar dalam keadaan ponsel vertikal dengan satu jari, lalu gerakkan ponsel ke posisi horizontal ke posisi seperti biasa Anda memegang ponsel saat hendak memotret. Kamera pun akan langsung aktif.

Beberapa fitur lain juga saya coba pada video berikut, seperti S Voice yang mirip dengan Siri pada iPhone 4S, navigasi serta S Suggest. Sayangnya, ketiga fitur tersebut baru bisa dimaksimalkan jika ada jaringan internet, sementara versi yang saya gunakan nampaknya tidak terhubung ke jaringan internet. Lebih lengkapnya, bisa Anda saksikan pada video di bawah ini.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.