Bersamaan dengan dirilisnya Pentax K-30, Pentax juga mengumumkan hadirnya lensa terbaru dari Pentax yaitu Pentax SMC DA 50mm F/1.8 yang dapat dipasangkan pada kamera bersensor APS-C dari Pentax.

Pentax SMC DA 50mm F/1.8 hadir dalam kemasan body terbuat dari plastik yang menyerupai bentuk lensa premium Pentax yang dijual dalam jumlah terbatas. Dalam kemasan body dengan panjang hanya 1.5 inci dan memiliki bobot sekitar 4.3 ons, Pentax SMC DA 50mm F/1.8 termasuk ringan dan sangat mudah untuk diajak berpergian. Bukaan diafragma yang cukup besar hingga F/1.8, cukup menandakan lensa ini khusus dirancang untuk para fotografer yang gemar bermain dengan bokeh (efek blur pada bagian background) dan memotret di kondisi cahaya yang minim cahayan tanpa bantuan flash.

Untuk melidungi bagian lensanya, pada permukaan gelas Pentax SMC DA 50mm F/1.8 telah dilapisi dengan lapisan Super Protect Coating. Lapisan ini dapat menghindarinya dari debu yang menempel, perickan air, minyak atau substansi zat lain yang dapat mengotori bagian permukaan lensanya.

Pentax SMC DA 50mm F/1.8 dibanderol dengan harga US$ 249.95. Cukup mahal dibandingkan dengan lensa 50mm F/1.8 Canon yang hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 800.000.